Kodim 1801 dan Pemda Manokwari Peringati Hari Kesaktian Pancasila Ke-54

Laporan Jurnalis : Hermanus Sagisolo

Manokwari pos benas.com Pancasila adalah sebuah ideologi bangsa yang harus di pertahankan serta di lestarikan dalam berbangsa, bernegara serta bermasyarakat.

Komandan Kodim 1801/Manokwari Kolonel Inf J. Lumbantouruan, S. Sos, M. Si menghadiri kegiatan Upacara Hari Kesaktian Pancasila ke-54 tanggal 1 Oktober 2019 di Lapangan apel kantor bupati Kabupaten Manokwari

Bupati Manokwari , Demas Paulus Mandacan, S. Sos., M.Ec.Dev bertindak sebagai Inspektur Upacara

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Ke- 54 Tahun 2019 mengusung tema ” Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia “.

Usai kegiatan, Dandim 1801/Manokwari Kolonel Inf J. Lumbantouruan, S. Sos, M. Si mengungkapkan, momentum bersejarah yang kita peringati di hari ini adala Hari Kesaktian Pancasila dan merupakan perjalanan sejarah Bangsa Indonesia yang berhasil mempertahankan Ideologinya.  Ini harus tetap diingat sekaligus cermin bagi kita semua khususnya generasi muda dalam menapaki kehidupan berbangsa dan bernegara.

Mengingat peran generasi muda sangat penting dalam melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa, maka generasi muda harus benar-benar memahami sejarah bangsa, memahami nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila. Untuk itu diperlukan penguatan wawasan kebangsaan diantaranya pemahaman Empat Pilar Kebangsaan yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI jelasnya.