PERINGATI HARI PAHLAWAN INSPEKTUR UPACARA DI AMBIL ALIH WABUP SORSEL

Laporan Jurnalis : Hermanus Sagisolo

Teminabuan,-pos bernas.com
Wakil Bupati (Wabup) Sorong Selatan (sorsel) Drs.Martinus salamuk menjadi inspektur upacara (irup) dalam memperingati hari pahlawal.

Upacara tersebut di ikuti oleh personil TNI/Polri, aparatur sipil negara (ASN), di lingkungan pemerintah kabupaten Sorong Selatan, satpol PP serta personil pemadaman kebakaran (Damkar) upacara peringati hari pahlawan tersebut di laksanakan di lapangan upacara kantor bupati Sorong Selatan, provinsi Papua Barat pada Senin, (11/11/2019).

Dalam upacara tersebut di bacakan pesan perjuangan dari para pahlawan Nasional yakni bung Tomo, bung Karno, Pattimura dan Silas papare ” setiap hari pahlawan kita selalu di ingatkan dengan peristiwa pertempuran yang sangat hebat pada 10 November 1945 di Surabaya.

Peristiwa heroik ini mengingatkan kita bahwa alam kemerdekaan yang di nikmati saat ini adalah sesungguhnya berkat kerja keras para pahlawan.sesuai dengan tema hari pahlawan tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini” Wabup mengajak semua peserta untuk memaksimalkan peran masing-masing guna kemajuan daerah dengan cara yang kereatif.

Wabup menyampaikan tantangan kita ke depan sangat berat. Lapangan pekerjaan semakin sedikit, oleh karenanya di butuhkan pribadi-pribadi yang kreatif dan inovatif guna meningkatkan perekonomian daerah.

Dalam amanat Mentri sosial RI yang di bacakan oleh Wabup sorsel menyampaikan peringatan hari pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air serta menjaganya hingga akhir hayat.

Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah di bangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

Mari kita maknai hari pahlawan ini dengan wujud nyatakan bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju. Dengan menjadikan diri kita sebagai pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi.

Untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari setiap insan masyarakat Indonesia.

Usai upacara hari pahlawan di lanjutkan dengan ziarah nasional di taman makam pahlawan (TMP) Tri Tjakra Buana Teminabuan, bertindak sebagai irup Wakapolres sorsel Kompol.T.Opusunggu setelah peletakan karang bunga di lanjutkan dengan tabur bunga di makam para pahlawan