Adat dan Budaya Pemersatu Bangsa.

Laporan Jurnalis : MUHKLIS AMRULLAH

Pontianak 25 nov 2019,Di Era globalisasi saat ini, teknologi terus berkembang memacu peradaban manusia yang semakin terus berubah. Tidak hanya perkembangan dari bidang teknologi tetapi juga berkembang dari bidang budaya. Oleh sebab itu budaya asing dapat ditemui dengan mudah, terutama budaya barat yang tidak sesuai dengan adat budaya timur seperti Indonesia.

Budaya asing dapat menambah edukasi bagi bangsa Indonesia, terutama dibidang Ilmu Pengetahuan. Namun budaya asing tidak selalu berdampak positif, kerena dengan adanya budaya asing, budaya kita sendiri mulai diabaikan. 

Menurut SYAFARAHMAN Kebudayaan itu sangat penting, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang berbudaya.
Sehingga terjadilah intoleransi keberagaman serta tidak sedikit banyak menimbulkan perpecahan antar anak bangsa kita sendiri.

Bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa dan unsur kebudayaan yang semua sebagaimana tersirat dalam Bhineka Tunggal Ika yang artinya “ walaupun berbeda – beda tetap satu jua “. Kebudayaan lama atau yang sering disebut kebudayaan asli bangsa indonesia dimana kebudayaan ini belum terjamah oleh kebudayaan asing merupakan suatu harus tetap kita pertahankan karena ini meryupakan suatu kebanggaan atau kekayaan bangsa kita, oleh karena itu supaya kebudayaan – kebudayaan asli bangsa indonesia ini tetap ada marilah kita jaga bersama. Selain itu ungkap SYAFARAHMAN ( KETUA DPD I PANI KALBAR ) kepada kami jadikan lah adat serta budaya sebagai pemersatu bangsa.