Satgas IME-19B, Perkenalkan Kekuatan KRI USH dan KRI SIM

Laporan Jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 13/12/19, Dili – KRI Usman Harun 359 dan KRI Sultan Iskandar Muda 367 yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Port Visit Indonesia Maritime Envoy (IME) 19B menyelenggarakan Ship Tour dan Mini Defense Expo di Geladak KRI USH dan KRI SIM yang sedang bersandar di Port Dili, Kamis (12/12).

Ship Tour dan Mini Defense Expo yang diselenggarakan oleh tim satgas port visit yang dibuka untuk personel Kementrian Pertahanan, Militer dan BUMN Timor Leste ini guna menunjukkan bahwa Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutista) KRI Usman Harun dan KRI Sultan Iskandar Muda sangat modern. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepercayaan kepada Menhan, Militer dan BUMN Timor Leste bahwa kerjasama dengan pemerintah Indonesia akan sangat menguntungkan bagi perkembangan pertahanan maritim Timor Leste.

Dalam ship tour Perwira KRI Usman Harun menyampaikan mengenai karakteristik alutista yang di miliki KRI USH seperti meriam OSRG 76mm, meriam 30mm, meriam 12.7 mm, Torpedo MK32, rudal exocet MM 40 B2, Vertical Launch Sea Wolf dan decoy. Sedangkan Perwira KRI Sultan Iskandar Muda menyampaikan mengenai karakteristik alutista KRI SIM seperti meriam OSRG 76mm , meriam vector 20mm, torpedo Launcher, Exocet MM 40 Blok III, Tetral Mistral dan SKWS Therma Decoy.

Hadir dalam ship tour dan mini defense expo ini personel kementrian pertahanan, personel militer Timor Leste dan personel BUMN Timor Leste.