Mentan SYL Silaturrahmi ke Menpan RB Tjahjo Kumolo

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 9/1/2020, Jakarta – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengunjungi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo di Kantor Pusat Kemenpan RB, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Selatan.

“Pertemuan ini selain meningkatkan sinergitas, juga sebagai koordinasi untuk kepentingan bangsa dan negara. Kami ingin mencari solusi bersama terkait hadirnya lapangan pekerjaan untuk rakyat serta mempercepat upaya pengentasan kemiskinan,” ujar Mentan Syahrul, Kamis, 9 Januari 2020.

Syahrul mengatakan, dirinya berdiskusi mekanisme dan rancangan program jangka panjang untuk membangun pertanian di wilayah Merauke. Kata Syahrul, rancangan tersebut, salah satunya adalah memperkuat kelembagaan Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani). Untuk itu Mentan SYL meminta dukungan Menpan RB tentang optimalisasi kelembagaan para penyuluh.

“Peranan para penyuluh sebagai ujung tombak utama pertanian kita juga harus diperkuat secara masif dan terstruktur di semua level desa,” katanya.

Menurut Syahrul, rancangan ini juga sudah memiliki target ekspor sebesar 200 triliun dengan menggunakan sistem mekanisasi dan teknologi. Di samping berupaya menjamin tercukupinya kebutuhan makan 267 juta penduduk Indonesia.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menyampaikan terimaksih atas kunjungan Mentan Syahrul ke ruang kerjanya sebagai upaya memperkuat koordinasi dan sinergitas.

Dalam kesempatan ini, Tjahjo mengaku siap melakukan kolaborasi dengan jajaran Kementerian Pertanian dalam membangun kedaulatan pangan.