TANGGAP BENCANA AMAN NUSA II TAHUN 2020 KAPOLRES MEMIMPIN LANGSUNG APEL SIAGA

Laporan Jurnalis : (syam hadi purba)

SIMALUNGUN-Pelaksanaan kegiatan Apel Kesiapsiagaan TNI – Polri dan Instansi terkait dalam rangka penanggulangan bencana diwilayah Kabupaten Simalungun. Selasa, (21/01/2020), sekira pukul 09.00 Wib di Lapangan Apel Kantor Bupati Simalungun Kelurahan Sondi Raya Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun.

Kapolres Simalungun AKBP HERIBERTUS OMPUSUNGGU, S.I.K., M.Si, pimpin langsung Apel Kesiapsiagaan tersebut yang diikuti Waka Polres Simalungun, Para Kabag, Kasat serta Kapolsek Sejajaran dan anggota Polres Simalungun.

Dalam amanatnya Kapolres mengatakan bahwa Kabupaten Simalungun merupakan kabupaten yang rawan terjadinya bencana Banjir dan longsor, khususnya pada musim penghujan.

Di Simalungun wilayah yang dianggap rawan terkena banjir antara lain Serbelawan, Perdagangan, Tanah Jawa. dan wilayah yang dianggap rawan terjadinya longsor adalah Tanah Jawa, Dolok Panribuan dan Parapat. ” Untuk itu, kita semua yang ada di tempat ini secara bersama sama melakukan kesiapsiagaan dan mengotimalkan seluruh potensi yang ada untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana tersebut. ” ucap Kapolres.

Maka Kesiapsiagaan itu diwujudkan dalam bentuk apel kesiapan tanggap bencana ( Aman Nusa II Tahun 2020 ) yang hari ini digelar di lapangan Kantor Bupati Simalungun Pamatangraya, dengan melibatkan + 500 peserta terdiri atas unsur satuan kerja perangkat daerah (SKPD), TNI, Polri, sukarelawan SAR, PMI, Orari, Tagana, Karangtaruna dan pelajar SMA yang ada di wilayah Pamatangraya.

Dalam Apel ini, selain menghadirkan personel dari lintas sektoral juga disiagakan peralatan, antara lain escavator, soft louder, dump truck, mobil pemadam kebakaran, ambulans jenazah, perahu karet, terpal, hingga peralatan dapur.

” Penanggulangan bencana dan pengurangan risiko bencana merupakan tanggung jawab semua pihak. Oleh karena itu, kerjasama antara pemerintah dan pihak nonpemerintah merupakan hal penting dalam upaya pengurangan risiko bencana ”. Tambah Kapolres.

Maka melalui apel siaga ini diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang cukup, sesuai fungsi dan peran masing-masing, guna menunjang tugas dan pengabdian kepada masyarakat.

“Apel siaga bencana ini juga sangat berguna untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat di wilayah rawan bencana, agar masyarakat dapat mengerti, memahami dan dapat melakukan tindakan cepat dan tepat saat terjadi bencana.

Disesi Terakhir amanatnya, Kapolres mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel serta pemangku kepentingan yang telah terlibat dalam kesiapan tanggap bencana di wilayah Kabupaten Simalungun.

Teriring doa semoga pengabdian kita, menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa. Pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Bupati Kabupaten Simalungun Dr. JR. Saragih, S.H.,M.M., bersama Unsur Forkopimda Simalungun, Dan Dim 0207/ Simalungun, Ketua DPRD Simalungun, Dan Den Pom 1/1 PS, Dan Kie 2 Yon B Brimob Pematang Siantar, Para SKPD, Dan seluruh Undangan serta Peserta Apel TNI-POLRI, BPBP, BASARNAS, P2K, SAT POL PP, DINKES, BMKG, PMI Kabupaten Simalungun.