Wakil bupati Maybrat”Paskalis Kocu Jadi Inspektur HUT ke-101 Damkar Maybrat

Laporan Jurnalis : Onesimus Semunya

Maybrat, posberitanasional-Wakil bupati Maybrat, Drs. Paskalis Kocu, M.Si menghadiri HUT Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan ke -101 Nasional termasuk kabupaten Maybrat. Dalam kegiatan ini, Paskalis Kocu menjadi inspektur upacara. Dalam sambutanya Paskalis mengajak dinas yang berkaitan dengan TNI/Polri dan masyarakat peduli mari kita utamakan fungsi penyelamatan.

“Kita bersyukur karena masih ada dinas yang fokus melaksanakan fungsi pemadam kebakaran dan penyelamatan. Kita berharap dinas dan korps yang lain bersatu membentuk agar proses pencegahan dilakukan sedini mungkin. Berarti disiapkan dari sisi kelembagaan, kompetensi, regulasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada,”katanya usai membacakan sambutan Mendagri, Tito Karnavian.

Menurut wakil bupati, hal ini dilakukan agar memberi kesadaran bagi warga masyarakat agar terus menjaga dan waspada terhadap bencana banjir, kebakaran dan lainnya.

“Memang kita di kabupaten Maybrat belum begitu nampak tetapi untuk mengantisipasi hal itu, perlu adanya penguatan personil termasuk kapasitas sumber daya manusia dan propesionalisme agar mampu ketika ada terjadi bencana maka kita di kabupaten Maybrat sudah bisa siap,”terangnya.
Karena, melaksanakan tugas pemadam kebakaran dan penyelamatan kata wabup harus disediakan pula sarana dan prasarana yang baik dan berstandar.

Selain itu lanjut wabup berharap, sebagai dinas Damkar agar membangun kordinasi dengan pimpinan TNI dan Polri yang ada agar mengantisipasi ketika terjadi bencana didaerah ini,