Cegah Corona, Bupati Tolitoli Anjurkan Warganya Konsumsi Biji Cengkeh

Laporan Redaksi

Bupati Tolitoli Moh. Saleh Bantilan menginstruksikan kepada warganya untuk mengkonsumsi biji cengkeh setiap hari.

“Saya menganjurkan kepada seluruh masyarakat Tolitoli untuk mencegah covid-19 agar sekali mengonsumsi biji cengkeh, caranya ambil satu atau dua biji lalu gigit dan diisap karena rasa cengkeh pedas di lidah,” kata Bupati Saleh Bantilan dalam pesan singkatnya saat yang dilansir PaluPoso, Rabu (25/3).

Produksi Cengkeh

Dengan mengonsumsi biji cengkeh setiap harinya kata Saleh, ia optimis virus corona tidak akan menyerang. Karena biji cengkeh khususnya biji yang kering memiliki kandungan utama euganol. Kandungan ini diyakini mampu meningkatkan sistem imunitas dan sangat efektif melawan virus dan bakteri berbahaya yang menginfeksi tubuh.

Saya pikir ini paling bagus untuk mencegah terjangkitnya virus corona,” kata Saleh.

Lanjut dia, cengkeh yang menjadi sumber daya alam primadona di Kabupaten Tolitoli, Sulteng. Buah cengkeh memiliki banyak antioksidan di dalamnya yang dapat meningkatkan kesehatan dan mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.

”Petani kita baru selesai melaksanakan panen, tentu mereka masih memiliki stok cengkeh kering, untuk itu saya menyarankan agar menyimpan beberapa kilo sebagai stok obat,” katanya.(sumber)