Persit PG Kodiklatad Sumbang APD Untuk Rumkit Pusdokkes dan Rumkit Salak

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 16/4/2020,  Jakarta – Menyadari bahwa betapa pentingnya tenaga medis yang berada di garis depan dalam menghadapi wabah pandemi Covid-19, alat pelindung diri (APD) menjadi salah satu prasyarat agar mereka dapat terus berjuang tanpa takut tertular. Ketua Persit PG Kodiklatad, Ibu Annies Putranto beserta para pengurus berkesempatan untuk memberikan tali asih berupa APD dan masker bagi para personel tenaga medis yang berada di Rumah Sakit (Rumkit) Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes), Jakarta dan Rumkit Salak, Bogor pada hari Rabu (15/4/2020).

Ibu Annies memberikan tali asih kepada Pelaksana Harian (PLH) Kepala Rumkit Pusdikkes, Letkol Ckm dr. Yugo Irianto, Sp.An. berupa 205 buah APD dan 60 buah masker bertempat di Pusdikkes, Jakarta. Dalam sambutannya, Annies menyatakan keprihatinannya karena wabah Pandemi Covid-19 yang meresahkan masyarakat. “Ini adalah upaya Persit PG Kodiklatad untuk membantu tenaga medis yang berada dalam jajaran Kodiklatad, sehingga mampu memberikan pelayanan yang optimal guna cegah penyebaran Covid-19 kepada organik, siswa dan masyarakat sekitar”, jelasnya.

Dihubungi secara terpisah, Mayor Ckm (K) dr. Devi, Sp.A , sebagai dokter yang bertugas menyatakan bahwa beberapa anggota dari Rumkit Pusdikkes juga turut membantu penanganan wabah Covid-19 yang dipusatkan di Rumkit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran. “Sebagian dokter dan perawat ditugaskan di Wisma Atlet, namun Rumkit Pusdikkes tetap melayani pasien seperti biasa, dan dengan adanya APD ini kami lebih siap untuk menghadapi pasien,” ujar dr. Devi.

Dalam kesempatan lain, bertempat di Pusdik Zeni (Pusdikzi) Bogor, Kepala Rumkit Tk. IV 03.07.02 Salak, Mayor Ckm dr. Heriyanto Manuhuruk, Sp.OT mendapatkan bantuan berupa 33 buah APD, 10 Liter Hand Sanitizer, dan 7 boks sarung tangan. Bantuan ini diserahkan juga secara langsung oleh ibu Annies Putranto. “Sekarang ini saat wabah Covid-19 semua rumah sakit butuh APD, sehingga inilah wujud kepedulian Persit. Terimakasih kepada para tenaga medis di Rumkit Salak yang juga turut membantu menjaga kesehatan bagi organik dan siswa di Pusdikzi dan Pusdikintel,” terang ibu Annies.

Pada kesempatan ini, tak lupa para pengurus Persit juga berkesempatan membagikan masker kepada masyarakat sekitar guna mencegah penyebaran Covid-19. Turut hadir dalam acara, Ketua Persit Ranting BS XIII Pusdikkes beserta Danpusdikkes, Ketua Persit Ranting BS I Pusdikintel, Ketua Persit Ranting BS XI Pusdikzi beserta Danpusdikzi, juga pengurus Persit lainnya. (Penerangan Kodiklatad)