Hegarmanah Cicantu Hilir : Sumber Daya Tanaman Hidroponik Dengan Nutrisi Terbaik,Harga Pasar Kualitas Supermarket

Laporan Redaksi

CIANJUR – posberitanasional.com – Samakin berkembangnya teknologi semakin banyak pula pembangunan pabrik – pabrik besar yang tentu saja memerlukan lahan yang luas. Sehingga saat ini mencari lahan yang luas untuk membudidayakan tumbuhan baik sayuran, buah ataupun bunga cukuplah sulit. Untuk itu saat ini banyak orang yang lebih memilih melakukan sistem hidroponik yang tidak membutuhkan lahan luas. Bahkan tanaman hidroponik dapat menghasilkan buah atau sayur yang jauh lebih segar dan sehat.

Budidaya Tanaman Hidroponik menggunakan Sarana media menggunakan limbah steoropom Dan cup plastik di SAUNG HYDRO milik Cepi (dok.Hegarmanah)

SAUNG HYDRO tanaman sayuran Bayam,kangkung,sawi,Pakcoy, Kailan, salada menggunakan limbah steoropom Dan cup plastik di SAUNG  milik Cepi (dok.Hegarmanah)

Desa Hegarmanah Kp.Cicantu Hilir Sukaluyu Cianjur ,seorang pengusaha muda sebut saja ‘ Cepi , tidak luput dari peran serta menggalakkan,membudidayakan Tanaman Hidroponik  menggunakan sarana limbah steoropom Dan cup plastik di  SAUNG HYDRO rumahnya.

Dengan sebuah perjuangan dan karyanya pria lulusan sarjana tehnik mampu mengolah hasil budidaya daerahnya yaitu di Hegarmanah dengan membuat SAUNG HYDRO dengan tumbuhan sayuran  Bayam, kangkung,sawi,Pakcoy, Kailan, salada  yang di tanam dengan berbagai  cara dengan salah satunya dengan menggunakan sarana media limbah steoropom Dan cup plastik .

Hasil berbagai  sayuran DI SAUNG HYDRO tanaman Hidroponik yang cukup memuaskan .

Usaha yang sudah digeluti hampir kurang lebih 1 tahun mampu menghasilkan tumbuhan Hidroponik  Bayam,kangkung,sawi,Pakcoy, Kailan, salada segar,bagus dan kualitas terjamin mutunya.

Saat kunjungan media ini di SAUNG HYDRO mengupas sedikit tentang budidaya ini dan bertanya kepada Cepi, bagaimana cara budidaya Tanaman Hidroponik ini ? Cepi menjelaskan , Hidroponik ini sebenarnya sangat mudah dan menguntungkan asalkan nutrisi/formula pupuknya bagus dan dengan kerja keras usaha saya lakukan akhirnya saya dapat membuat Nutrisi sendiri dengan kualitas super dimana tanaman yang saya tanah Bagus,segar dan harga cukup murah.

Apalagi penanaman ini menggunakan sarana media limbah steoropom Dan cup plastik hingga dapat menekan dan meringankan beban biaya produksi.

DI SAUNG HYDRO Tanaman sayuran  sebelum dikemas di rapikan ditimbang lalu dibungkus plastik.(Dok.Hegarmanah).

Nampak beberapa sayuran dikemas dengan plastik tampak segar.(Dok.Hegarmanah).

Budidaya tanaman Hidroponik adalah sebuah karya yang wajib ditekuni untuk mendapatkan hasil maksimal dan Saat ini Hidroponik SAUNG HYDRO Cepi mampu menjual sayuran dengan “Harga Pasar Kualitas Supermarket”. 

Dan kedepan nanti saya akan kembangkan usaha saya ini dengan memodalkan peralatan tanam Hidroponik dengan media sederhana dari limbah  steoropom Dan cup plastik ke setiap warga agar tercipta usaha mandiri dan bisa membuka lapangan pekerjaan “tukasnya.

Saat mengakhiri Perbincangan wawancara ini menurut analis media seharus karya dan usaha ini harus dikembangkan dan mungkin dapat bekerjasama dengan BUMDES karena ini merupakan hasil bumi dan mendorong juga pemasukan untuk desa agar dikembangkan menjadi sektor devisa Desa, yaitu menjadi Desa percontohan tanaman Hidroponik sederhana dengan kualitas maksimal dengan budidaya sayuran dengan “Harga Pasar Kualitas Supermarket”.