Bentuk Kepedulian Kepada Warga Masyarakatnya Ketua Gugus Tugas Covid-19 Bersama Tim Terus Melakukan Sosialisasi

Laporan Jurnalis : Hermanus Sagisolo

Sorsel,- Posberitanasional.com Sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam penanganan wabah virus covid-19, maka ketua gugus tugas penanganan covid-19 bapak Samsudin Angiluli, SE.MAP terus melakukan sosialisasi ke kampung-kampung, serta distrik yang berbeda di wilayah pemerintahan kabupaten Sorong Selatan.

Kali ini ketua gugus tugas melakukan sosialisasi di kampung tovot distrik seremuk terkait bahayanya wabah virus covid-19 serta bagaimana caranya agar terhindar dari virus mematikan tersebut. Kegiatan tersebut di laksanakan pada Sabtu, 16/05/2020.

Nampak dalam kegiatan sosialisasi covid-19 tersebut ketua gugus beserta tim penanganan covid-19 yang terdiri dari  tim medis, TNI-Polri serta OPD di lingkungan Pemda Sorong Selatan.

Pada kesempatan itu kepala distrik seremuk ibu Maria Susance Kamesrar, S.hut dalam laporannya menyampaikan terimakasih kepada ketua gugus tugas covid-19 yang juga adalah bupati sorong selatan yang mana telah memberikan perhatian serius dalam penanganan bencana non alam ini.

Beliau juga menyampaikan sebagai informasi bagi ketua gugus tugas serta para tamu undangan yang berkenan hadir bahwa khususnya kami masyarakat di distrik seremuk sejak pecahnya kasus virus covid-19 ini, puji Tuhan hingga kini kami di distrik seremuk belum terdeteksi serta belum ada yang dinyatakan terkena virus covid-19 tersebut. Sehingga kami di seremuk saya sampaikan bahwa kami masih dalam zona aman.

Sementara itu beliau katakan bagi masyarakat pengguna media sosial perlu saya mengklarifikasi bahwa kehadiran bupati sorsel hari ini adalah sebagi ketua gugus tugas penanganan covid-19 yang memiliki tugas langsung dari pemerintah pusat dalam penanganan bencana non alam, untuk itu perlu saya tegaskan bahwa kali ini tidak ada muatan lain hanya ada muatan kemanusiaan.

Sementara kepala puskesmas seremuk menyampaikan sebagi informasi kepada bapak bupati sebagi ketua gugus tugas bahwa ia bersama jajarannya telah menindaklanjuti surat edaran bupati terkait penanganan wabah virus covid-19 dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat di 8 kampung se distrik seremuk.

Lebih lanjut ia pun katakan dari hasil sosialisasi serta pendataan dan pemeriksaan kepada masyarakat hingga kini tidak terdeteksi ada gejala masyarakat yang mengidap atau terkena Serang virus covid-19. Untuk perlu di ketahui oleh ketua gugus tugas covid-19 bahwa khususunya di distrik seremuk masih dalam zona aman.

Selain itu Kapolres Sorong Selatan AKBP Sahat Maruli Hamonang Siregar, SH.SIK menyampaikan terkait Kamtibmas khususnya di distrik seremuk menurut pantauan dari jajarannya hingga kini masih kondusif serta terbilang sangatlah aman, untuk itulah menurutnya hasil dari situasi Kamtibmas yang kondusif itu pun tidak terlepas dari kerjasama antara pihak tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat serta kepala kepala kampung.

Untuk itulah beliau menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah sama-sama menjaga Kamtibmas di kabupaten Sorong Selatan tetapi juga di distrik masing-masing, ia berharap agar Kamtibmas yang baik ini tetap di pertahankan serta terus di jaga agar menjadi satu budaya bagi masyarakat di kabupaten Sorong Selatan.

Ia juga mengajak  masyarakat di distrik seremuk tetapi juga  seluruh lapisan masyarakat di kabupaten Sorong Selatan agar tetap mengikuti protap yang telah di tetapkan oleh tim medis serta satgas covid-19 yaitu dengan mencuci tangan sebelum melakukan kontak sosial, memakai masker setiap melakukan komunikasi sosial tuturnya.

Selain itu ketua gugus tugas yang juga adalah bupati kabupaten Sorong Selatan dalam sambutanya menyampaikan terimakasih atas penjemputan yang di desain bernuansa budaya serta adat istiadat setempat kepada beliau bersama tim gugus tugas covid-19 di kampung tovot distrik seremuk.

Baginya budaya serta adat istiadat perlu di lestarikan karena merupakan identitas diri bagi setiap daerah tetapi juga bangsa Indonesia, maka ia mengajak semua generasi muda untuk selalu melestarikan budaya .