Kapolres Pangkalpinang Resmikan kampung Tegep Mandiri Dan Poskamling

Laporan jurnalis Iskandar

Posberitanasional.com,16/6/2020, PANGKALPINANG – Kapolres Pangkalpinang, AKBP Tris Lesmana Zeviansyah SH SIK MH melakukan peresmian Pos Kamling dan Kampung Tegep Mandiri di Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (16/06/2020).

Kapolres Pangkalpinang mengatakan, peresmian ini adalah sebagai salah satu upaya Polri untuk menciptakan kesejahteraan pada masyarakat disekitar wilayah hukumnya, sekaligus juga memberikan rasa aman ,nyaman dan tertib.

“Kita meresmikan Kampung Tegep Mandiri yang merupakan Kampung Tegep pertama, baik di Polres Pangkalpinang maupun di Polda Kepulauan Babel. Jadi, Kampung Tegap ini memang betul-betul masyarakatnya merasa memiliki keamanan maupun ketahanan pangan,” Pungkas AKBP Tris Lesmana Zeviansyah.

Peresmian Pos Kamling dan Kampung Tegep Mandiri juga, menurut Perwira melati dua ini, dalam rangka untuk melakukan pencegahan pandemi virus Corona atau Covid-19.

“Kampung ini, kita wujudkan untuk kesejahteraan bersama masyarakatnya. Jadi, ini merupakan langkah awal dan langkah maju dari daerah setempat yang mudah-mudahan kedepannya bisa diperbaiki jika ada kekurangan dan daerah lain bisa mengikuti,” tuturnya.

Ia menjelaskan, Kelurahan Temberan dipilih sebagai pilot project Pos Kamling dan Kampung Tegep Mandiri merupakan inisiasi dari Kapolsek Bukit Intan.

“Ini idenya dari ibu Kapolsek, memang kemarin sudah kita coba mau membuat nama yang sesuai tetapi kita konfirmasikan dengan Direktur Binmas dan keputusan dari Kapolda jadi diputuskan untuk menggunakan Kampung Tegep Mandiri. Kita juga berikan apresiasi untuk ibu Kapolsek dan Bhabinkamtibmas yang menjadi inisiator di Temberan ini,” ucap Kapolres.

Selain itu, Pos Kamling dan Kampung Tegep Mandiri ini terbentuk tak lepas dari peran serta Camat Bukit Intan, Koramil Bukit Intan, Lurah, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Temberan sebagai inisiator.

“Kenapa Kelurahan Temberan menjadi pilot project, kebetulan untuk perangkat tiga pilarnya saya nilai memang yang paling aktif dari segi kualitas kegiatan, juga hasil evaluasi untuk daerah ini swasembadanya dan swadaya sudah muncul. Jadi, mindsetnya mereka sudah sesuai dengan konsep kampung yang kita buat, mereka juga sudah memperbaiki jalan sendiri sesuai kemampuan masyarakatnya bahkan Pos Kamling, pembangunannya sendiri jadi konsepnya oleh mereka, dari mereka dan untuk mereka utamanya,” ungkap Kapolres.

Untuk itu dia mengharapkan kedepan program seperti Pos Kamling dan Kampung Tegep Mandiri ini bisa dilaksanakan diseluruh wilayah, juga termasuk di kabupaten lain.