Guna Pilkada Sorsel Terhindar Dari Covid-19, KPU MoU Bersama Dinkes Dan Gugus Tugas

Laporan Jurnalis : Hermanus Sagisolo

Sorsel,- posberitanasional.com Mengedepankan protokol kesehatan serta kenyamanan dalam pesta demokrasi pilkada tahun 2020 KPU melakukan perjanjian kerja sama dengan dinas kesehatan dan gugus tugas percepatan penanganan covid-19 kabupaten sorong selatan. Kegiatan tersebut di laksanakan pada Rabu 08/07/2020.

Bupati sorsel dan ketua KPU mendatangani mou

Kegiatan MoU yang di laksanakan di ruang rapat badan pengelolaan keuangan dan aset daerah (BPKAD) kabupaten sorong selatan berjala kurangĀ  lebih satu jam ini di hadiri oleh Samsudin Angiluli, SE. MTr.APN, selaku ketua gugus tugas dan di dampingi sekertaris gugus tugas Viky Baay, Sip serta ketua KPU Ester Homer, SE bersama tiga anggota komisioner yakni Nahum krimadi, SS, Raimond Asmuruf, SH, Yance Dere, SE serta di dampingi sekertariat KPU sorsel Dominggus Kambu, SE. Dan juga kepala dinas kesehatan dr. Jusup Sipayung.

Mou yg telah di tandatangani bersama

Mou yang di laksanakan antara pihak KPU,dinas kesehatan serta gugus tugas percepatan penanganan covid-19 ini semata mata sebagi bentuk dukungan pelayan kesehatan bagi pihak penyelengara mulai dari tingkat kabupaten hingga ketingkat kampung.

Usai kegiatan tersebut ketua gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Samsudin angiluli saat di temui awak media ia mengungkapkan kerjasama yang di lakukan saat ini adalah bagian dari kehadiran pemerintah di mana kita tau bersama saat ini negara kita sedang dalam darurat kesehatan langkah ini di lakukan guna pihak penyelenggara dalam hal ini KPU dalam menjalankan tugas pilkada ini bisa aman dari sisi kesehatan.

Ia katakan kerjasama yang di lakukan hari ini adalah bagaimana pihak pemerintah meyiapkan alat pelindung diri (APD) bagi pihak penyelenggara dari tingkat kabupaten dalam hal ini KPU,serta perangkat KPU di tingkat distrik yaitu PPD dan juga PPS di tingkat kampung.

Selain itu ketua KPU Ester Homer juga mengatakan sejujurnya dalam situasi darurat kesehatan saat ini dari pihak penyelenggara sangat mengedepankan protokol kesehatan oleh karena itu di butuhkan kerja sama dengan dinas kesehatan dan gugus tugasĀ  guna mendapatkan APD agar di distribusikan ke jajarannya di tingkat kabupaten hingga ke kampung kampung.

Hal ini menurutnya agar ketika pada saat proses berlangsung seluruh staf dari tingkat kabupaten hingga ke kampung sudah mengunakan APD di lapangan agar proses pilkada bisa berjalan dengan baik ungkapnya.

Hal senada di sampaikan oleh kepala dinas kesehatan dr. Jusup Sipayung selaku kepala dinas bersama jajarannya selalu siap mendukung apa yang menjadi kebijakan kepala daerah dalam hal memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat serta seluruh stakeholder dan petugas agar terhindar serta terlindungi dari covid-19.

Untuk terlindungi dari covid-19 ia mengungkapkan dalam menjalankan tugas apapun harus mengedepankan protokol kesehatan, hal ini agar kita aman dalam proses pilkada yang sedang berlangsung

Selain itu mewakili Kapolres sorong selatan Ka ops AKP M.Nur, S.ik saat di tanyakan awak media terkait berapa personil yang akan di terjunkan dalam pengamanan pilkada ia ungkapkan personil yang siap di terjunkan dalam pengamanan pilkada 2020 berjumlah 600 porsonil, menurutnya pasukan tersebut akan di bagikan ke masing-masing TPS ungkapnya.