97 Perwira Remaja Lulusan AAL Dilantik Presiden RI Dalam Upacara Prasetya Perwira TNI Tahun 2020

Laporan Jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 14/7/2020, Surabaya – Sebanyak 97 Perwira Remaja lulusan Akademi Angkatan Laut Angkatan ke-65 resmi menyandang pangkat Letnan Dua TNI setelah mengikuti Upacara Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri tahun 2020 dengan Inspektur Upacara Presiden RI Ir. Joko Widodo yang digelar secara virtual dari Istana Negara Jakarta, Selasa (14/7).

97 Perwira Remaja lulusan AAL Angkatan Ke-65 tersebut terdiri dari 87 putra dan 10 putri, mengikuti pelaksanaan upacara Praspa secara virtual dari Lapangan Banda, Kesatrian Bumimoro AAL, Surabaya.

Selain diikuti Perwira Remaja (Paja) AAL, pelaksanaan Upacara Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri tahun 2020 ini juga diikuti oleh 254 Paja Akmil (234 putra dan 20 putri), 106 Paja AAU (96 putra dan 10 putri) serta 293 Paja Akpol (244 putra dan 29 putri) secara virtual dari kampus akademinya masing-masing.

Sementara itu yang hadir dalam upacara Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri di Istana Negara masing-masing dua perwakilan dari tiap Akademi Angkatan dan Akpol, yaitu peraih Adi Makayasa (dari AAL, Letda Laut (P) Rizqy Zealand Djuhaeri, STr (Han) dan perwakilan penyumpahan.

Hadir mendampingi Paja AAL saat pelaksanaan upacara tersebut diantaranya Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksdya TNI Mintoro Yulianto, S.Sos.,M.Si, Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si, Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto.

Kemudian Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, S.Sos., M.M., Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Muhammad Fadil Imran, Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E, Pangkotama TNI wilayah Surabaya, para Pejabat Utama AAL, pelatih dan pengasuh Taruna AAL serta orang tua para perwira remaja.

Pada sesi Presiden Menyapa, Gubernur AAL beserta civitas akademi dan hadir bersama kami Wakil Kepala Staf Angkatan Laut, Ibu Gubernur Jawa Timur, Pangdam, Kapolda dan yang berbahagia para orang tua perwira remaja mengucapkan terima kasih kepda Presiden karena sudah berkenan melantik anak didik kami ditengah keterbatasan covid-91.

“Saya percaya dan saya yakin 97 perwira remaja ini siap mengabdikan diri untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama,” terang Gubernur AAL.

Pada kesempatan itu, Gubernur AAL juga meminta izin kepada presiden untuk menampilkan selebrasi perwira remaja AAL, sekaligus ucapan terima kasih kepada bapak Presiden dan bapak Wakil Presiden.

Pada upacara Prasetya Perwira TNI yang dilaksanakan di Akademi Angkatan Laut dimeriahkan dengan penampilan display Genderang Suling Gita Jala Taruna yang dimainkan oleh Taruna AAL tingkat III angkatan ke-66.

Selain itu nampak beberapa alutsista TNI AL turut sebagai background dalam upacara tersebut, yaitu 1 unit Helikopter AS565 MBE Panther dari Skuadron 400 Puspenerbal Juanda, 2 unit Ranpur BMP-3F dan dua unit Ranpur PT-76 M dari Resimen Kavaleri Korps Marinir, dua unit RM 70 Grad, dua Unit Vampire dari Resimen Artileri Korps Marinir TNI AL serta mokap KRI Dewaruci.