Ksad : Prajurit Kita Saat Ini Bukanlah Obyek, Tetapi Telah Menjadi Subyek

Laporan Baim

JAKARTA – Pesan Kasad kepada 292 Perwira Remaja (Paja) TNI AD Lulusan Akademi Militer Tahun 2022, “Ingat Prajurit kita saat ini bukanlah obyek lagi, tetapi telah menjadi subyek. Kalau kamu memimpin tidak benar maka dia akan bergejolak dan kamu akan berhenti. Oleh karena itu lakukan yang terbaik dengan berpegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI serta 11 azas Kepemimpinan”. pesannya di Mabesad. Kamis (14/7/2022).

Ksad juga menekankan agar para Paja TNI AD menjadi petarung, jagoan dan pemberani karena tantangan tugas ke depan tidak semakin mudah tapi semakin sulit dan penuh dinamika.

“Jangan takut menghadapi resiko, jangan gentar terhadap situasi apapun karena sebagai ksatria-ksatria muda jangan gentar dalam menghadapi cobaan apapun,” ucapnya.

Pada acara pengarahan Kasad kepada Paja TNI AD 2022 di Mabesad, Kasad juga menyediakan fasilitas kepada para orang tua Paja lulusan Akademi Militer tahun 2022 untuk tidak kehilangan momentum terbesar dan membahagiakan dalam kehidupan putra-putrinya, Kasad mengundang para orang tua untuk bersama-sama mengikuti acara Prasetya Perwira (Praspa) secara live streaming di Lapangan Mabesad melalui layar megatron, kemudian memberikan kesempatan kepada orang tua untuk menemui putra-putrinya yang telah dilantik menjadi Perwira.

Acara tersebut merupakan bentuk empati Jenderal Dudung kepada para orang tua Paja TNI AD lulusan Akmil tahun 2022 yang tidak dapat menghadiri Praspa secara langsung di Istana Negara karena masih mempertimbangkan protokol kesehatan terkait pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya berakhir. Sehingga hanya orang tua dari peraih Adhi Makayasa saja yang diundang untuk hadir secara langsung pada acara yang dipimpin oleh Presiden RI di Istana Negara.

Para orang tua dari para Paja TNI AD yang hadir di Mabesad menyambut gembira dan memberikan apresiasinya yang luar biasa kepada Kasad atas gagasan penyelenggaraan acara tersebut. Hal tersebut terlihat jelas dari antusiasme orang tua dan keluarga para Paja untuk datang dan memenuhi lapangan Mabesad serta menyambut putra-putri mereka dengan yel-yel yang telah dipersiapkan.

“Dengan adanya kegiatan yang difasilitasi oleh Pak Kasad ini, kami sangat senang dan terharu, meski berbeda tempat, tapi dengan live streaming ini saya lihat di Istana presiden dengan di sini sama,” kata Buroniani Naibaho salah satu orang tua dari Paja bernama Letda inf Afrizal Sianipar.

Dalam kesempatan tersebut Kasad yang didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Rahma Dudung Abdurachman memberikan bingkisan sebagai tali asih kepada perwakilan Paja, yaitu Letda Inf Rafi Naufal Afriansyah, S. Tr (Han), sebagai peraih Adhi Makayasa, Letda Cba (K) Virly Luthfita Andini, S. Tr (Han)., sebagai peraih Anindya Wiratama dan kepada Letda Cpn Haswin Akbar Muhammad, S. Tr (Han)., sebagai peraih Aditya Pinasti.

Paja TNI AD lulusan Akmil tahun 2022 yang berjumlah 292 orang (274 Pria dan 18 Wanita) tersebut selanjutnya diserahkan kepada Pembina Pusat Kecabangan dan Fungsi (Puscabfung) masing-masing untuk diberikan pembekalan lanjutan sebelum memasuki masa penugasan di satuan-satuan TNI Angkatan Darat.(Dispenad).