Swab Massal Tim Gabungan Satgas Covid-19, Dapati 4 Pengunjung Cafe Postif Covid

Laporan Red

Posberitanasional.com, 24/2021, Pangkalpinang – Beberapa titik kafe dikota pangkalpinang kedapatan pengunjungnya positif Covid-19, hal tersebut diketahui setelah Tim gabungan Satgas Covid-19 Prov. Kep Bangka Belitung dan Kota Pangkalpinang dibantu TNI, Polri melakukan Swab Antigen Massal. Sabtu (22/5/2021).

dr. Mgs Hakim, Kadinkes Kota Pangkalpinang mengatakan, berkisar ada 400 lebih pengunjung Cafe dan Warkop yang terjaring dan dilakukan Swab Antigen dan 4 orang di nyatakan Positif Covid-19. Dari 4 orang yang positif di dapati di Warkop Kopi dan Cafe yang berbeda, dan selanjutnya akan dilakukan pengambilan Swab PCR.

Foto: Tim Satgad Covid-19, (Mikron Antariksa, Ka.BPBD, Radmida Dawam Sekda Kota Pangkalpinang, Ka.KKP, TNI/POLRI).

“ini dilakukan sesuai arahan Sekda Kota Pangkalpinang yang positif akan langsung di bawa untuk di Karantina di Wisma Karantina,”jelasnya.

“Yang positif dikarantina di wisma  kota pangkalpinang dan dilakukan pemeriksaan PCR ke dua atau kita kembalikan karena ada yang dari bangka barat, nanti kita koordinasikan ke bangka barat di alihkan isolasinya karena mereka adalah pendatang.

Kemungkinan warkop dan kafe tersebut diarahkan untuk tutup sementara karena akan di lakukan pembersihan dan juga untuk memberikan efek jera karen diduga tidak melaksanakan Protokol Kesehatan,” kata dr Hakim.

Kepada para pengelola cafe dan pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, salah satunya make masker dan saat ini bukan lagi 3M namun sudah 5M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan.

“Kami himbau untuk tetap melakukan protokol kesehatan, karna kedepannya kita akan tegas mengingat kasus semakin banyak,” imbuhnya.

Radmida Dawam Sekda Kota Pangkalpinang menegaskan, bagi Cafe Cafe didapati pengunjungnya positif Covid akan di lakukan penyegelan serta di berikan Sp1 sampai Sp 3.

“Ini dilakukan untuk mengecek sejauh mana kepatuhan akan pelaksanaan pencegahan penyebaran covid-19, di Pangkalpinang.

SP 1 sampai SP 3 juga bagi resto resto yang kedapatan pengunjung positif covid-19, akan dilakukan penyegelan, dan ternyata pengunjung bukan hanya dari Pangkalpinang ternyata ada dari kabupaten,” tegasnya.

Diketahui terbukti positif Covid-19, maka segera dikarantina di RSUD untuk dilakukan pengobatan,”ucapnya.