Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Cantik Desa Ciangsana Gelar Pelatihan Pertanian Para Anggotanya

Laporan Jurnalis :Agus Chandra

BOGOR-POS BERITA NASIONAL
Guna menambah wawasan dan pengetahuan serta upaya meningkatkan perekonomian, Puluhan Anggota Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Cantik RW 20 Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor Jawa Barat, mengikuti kegiatan penyuluhan serta pelatihan kewirausahaan budidaya pertanian (pembibitan, perawatan, produksi, dan pemasaran) bibit dan buah Alpukat disertai praktek Sambung Pucuk (Samcuk) pohon Alpukat. Minggu (19/9/2021).

Dalam Kegiatan tersebut KRL Cantik RW 20 Bekerjasama dengan Ruslan Salim Selaku Direktur CV.LAPAK BIBIT dari Kampung Muaraberes, RT. 04/03, Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Desa Ciangsana Udin Saputra Beserta Istri, Ketua RW, Ketua RT Ketua KRL Cantik dan Pengurus KRL Cantik serta Puluhan Anggota KRL Cantik.

“Pembibitan alpukat unggulan dari sukahati yaitu dua jenis yakni bibit alpukat misra dan miki yang akan kita kembangkan disini,”ujar Ruslan saat penyuluhan.

Ruslan pun menyebut, buah alpukat jenis miki yang berasal dari Depok dan Misra dari Jambi tersebut memiliki banyak keunggulan diantaranya daunnya tidak berulat, buahnya manis serta dapat berbuah sepanjang tahun.

Menurut Ruslan, untuk penanaman bibit dari mulai biji hingga tumbuh tunas mencapai dua hingga enam bulan dengan syarat dengan perawatan maksimal seperti pemberian Pupuk rutin, air penyemprotan hama dan hormon.

Dengan adanya penyuluhan ini bisa menambah wawasan serta pengetahuan anggota KRL Cantik dalam bertani sehingga bisa membawa manfaat baik untuk kelompoknya juga untuk orang lain, apalagi cara menanam serta merawatnya tidak sulit dan tidak harus memerlukan tanah yang luas, cukup di tempat yang strategis contohnya teras rumah atau pun halaman rumah,”paparnya

Ruslan juga berharap bahwa melalui kegiatan bisa menumbuhkan dan menguatkan minat anggota KRL Cantik dalam bertani yang simple, dan kegiatan ini juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengampanyekan penghijauan,” harapnya.

Dilokasi pelatihan Dewi Ketua KRL Cantik menyampaikan ucapan teriam kasih kepada Ruslan CV.Lapak Bibit yang telah bersedia memberikan penyuluhan dan Pelatihan pada anggotanya,

“Terima kasih pada CV.Lapak Bibit yang sudah telah memberikan penyuluhan dan praktek langsung yaitu Samcuk, sehingga kegiatan ini jadi menambah wawasan dan pengetahauan pada semua anggotanya,” ucapnya

Dengan adanya kegiatan setidaknya telah memberikan motivasi dan semangat pada anggota KRL Cantik agat lebih giat dalam meningkatkan inovasi tentang kegiatan-kegiatan demi terwujudnya KRL Cantik yang lebih baik dan berhasil serta sukses khususnya dalam pengelolaan dan penataan lingkungan dan pertanian agar lebih bersih efisien serta peningkatan ekonomi anggota, ” Kata Dewi lagi

Lanjutnya saya berharap kedepan KRL Cantik bisa tetap solid dan kompak guna mewujudkan KRL Cantik meraih juara sehingga bisa membanggakan Desa Ciangsana serta bisa membawa dampak positif bagi KRL lainnya dan juga masyarakat pada umumnya,” Harapnya.