DANLANAL DENPASAR IKUTI UPACARA HUT TNI KE 76 DI MAKODAM IX/UDAYANA SECARA VIRTUAL

Lapoean Red

Denpasar – Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar hadiri Upacara HUT TNI ke 76 hari Selasa, tanggal 5 Oktober 2021 pukul 09.00 Wita secara virtual bertempat di Aula Makodam IX/Udayana telah dengan tema “Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang”. Kegiatan HUT TNI ke 76 tahun ini terpusat di Halaman Istana Merdeka Jakarta, dengan Inspektur Upacara Presiden RI Ir. Joko Widodo yang didampingi oleh Panglima TNI dan para Kepala Staf Angkatan serta undangan terbatas Wapres RI, Menko Polhukam, Menhan, Kepala Staf Kepresidenan, Kapolri dan Undangan virtual para Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Hadir dalam kegitan di Makodam IX/Udayana diantaranya Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjutak, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Brigjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., Irdam IX/Udayana Brigjen TNI Erwin Djatniko, S.Sos., Kapok Sahli Kodam IX/Udayana, Danrem 163/WSA Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., Danlanud Ngurah Rai Kolonel Pnb Reza R.R. Sastranegara S.Sos., M.A.P., Para Asisten Kodam IX/Udayana, Para Dansat/Kabalakdam Jajaran Kodam IX/Udayana, LO TNI AL, LO TNI AU.

Dalam amanatnya Presiden RI Joko Widodo menyampaikan atas nama rakyat, bangsa dan negara saya menyampaikan Selamat Hari Ulang Tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia, atas nama rakyat bangsa dan negara juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit TNI.

Sampai dengan hari ini kita masih berada dalam bayang-bayang pandemic covid 19 bila diibaratkan sebagai perang virus covid-19 saat ini seperti dalam perang yang berlarut-larut, perang yang sangat menguras tenaga menguras pikiran mental dan semangat juang perang yang membutuhkan kewaspadaan kecepatan energi dan pemahaman ilmu pengetahuan dan teknologi. keberhasilan kita dalam menangani pandemi covid 19 ini tidak terlepas dari peran besar TNI.

TNI yang selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk alutsista telah digunakan dan dikerahkan dalam menyelesaikan setiap tugas yang diberikan ini juga saya minta diaktifkan dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas seperti pelanggaran kedaulatan pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber dan biologi termasuk juga ancaman bencana alam.

Menghadapi spektrum ancaman kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di lingkungan strategis, maupun global transformasi pertahanan yaitu TNI yang manunggal dengan rakyat dengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta yang aktif dengan pertahanan berlapis dan memanfaatkan lompatan teknologi militer dan pertahanan yang terencana modernisasi pesanan ini juga harus disertai dengan proposal pengelolaan ekonomi dan investasi pembangunan.

Kita harus bergeser dari kebijakan belanja pertahanan menjadi kebijakan investasi pertahanan yang berpikir jangka panjang yang dirancang sebagai mathis dan yang dijalankan secara konsisten inovasi teknologi mutakhir di negara kita, bergelar aktif dalam konsorsium industri pertahanan dan memegang teguh semangat kemandirian dan penguatan industri pertahanan dalam negeri untuk mewujudkan kekuatan pertahanan Indonesia, yang lebih mumpuni.

Pukul 10.00 Wita upacara secara virtual selesai dilanjutkan ramah tamah yang dihadiri Gubernur Bali, Pangdam IX/Udayana, Kapolda Bali, serta seluruh undangan peserta upacara HUT TNI ke 76 tahun 2021 di Aula Makodam IX/Udayana.

Pelaksanaan upacara HUT TNI secara virtual juga diikuti oleh Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar yang bertempat di Gedung Serba Guna IGP. Dwinda Mako Lanal Denpasar, Jalan Raya Sesetan 331 Denpasar Bali.

Hadir mengikuti upacara secara virtual di Lanal Denpasar, Palaksa Letkol Laut (P) Agus Ali Hardono, seluruh Perwira Staf, perwakilan Bintara, Tamtama dan PNS Mako Lanal Denpasar. Kegiatan HUT TNI secara virtual di Mako Lanal Denpasar berjalan penuh khidmad, tertib dan lancar dengan tetap mematuhi protocol Kesehatan yang sangat ketat. (Pen Lanal Denpasar)