Letjen TNI A. M. Putranto, S.Sos., Sambut Pasukan Lat Ancab Kartika Yudha TA 2021

Laporan Baim,(Dispenad)

JAKARTA – Sebanyak 2.905 orang prajurit dipimpin Komandan Brigif Raider-13/1/Kostrad Kolonel Inf Herry Purwanto, S. Sos, dari berbagai kecabangan beserta Alutsista dan peralatan tempurnya mendarat di Pelabuhan Bakauheni, Rabu (3/11)

Selanjutnya pelaku Lat Ancab Brigif R 13/1/Kostrad melaksanakan pergeseran pasukan menuju Lapangan Saburai dilanjutkan melaksanakan upacara penerimaan pelaku oleh Inspektur Upacara Komandan Kodiklat TNI AD Letjen TNI A. M. Putranto, S. Sos.

Dalam keterangan tertulis Penerangan Kodiklatad, Kamis (4/11/2021), di hadapan ribuan prajurit, Dankodiklat menegaskan bahwa tugas pokok prajurit adalah bertempur dan di masa damai tugasnya adalah belajar dan berlatih.

Dankodiklatad menegaskan, latihan merupakan pembinaan satuan guna mendukung tugas pokok, dan sangat diperlukan oleh setiap prajurit untuk meningkatkan profesionalisme. Hanya prajurit yang dilatih dan terlatih dengan baik yang mampu melaksanakan tugas dengan maksimal.

Latihan Ancab ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tempur mulai dari tingkat perorangan sampai dengan Brigade Tim Pertempuran (BTP), melalui latihan Ancab ini, diharapkan tercipta kerja sama antar kecabangan dalam dukungan pelaksanaan operasi serangan guna menerapkan teknik dan taktik dalam operasi di daerah pertempuran sesungguhnya, ” jelas Dankodiklat

Lebih lanjut, Dankodiklat mengingatkan penyelenggara dan pelaku latihan tentang pentingnya memperhatikan faktor keamanan, baik personel maupun materiel sehingga tidak ada kecelakaan maupun kerugian selama pelaksanaan latihan.

“Kepada pelatih dan pendukung, berikan penilaian obyektif sebagai bahan evaluasi ke depan, bekerja dengan hati, bersikap profesional dan juga selalu bersyukur,” ujarnya.

Di akhir amanatnya, Dankodiklat berharap para prajurit dapat melaksanakan latihan ini dengan baik, dengan meingkatkan kualitas latihan dan melaksanakan taktik dan teknik kemiliteran. Tetap semangat, tulus dan ikhlas dan mengikuti latihan.