YAYASAN PEDULI DIFABLE NABIRE PAPUA MENYELENGGARAKAN BASIC SAFETY TRAINING VOLOUNTERING MULAI TGL 29/30 JANUARI 2022

Laporan Jurnalis : Parlindungan sidabutar

Pos Berita Nasional.
Bertempat di sekretariat yayasan DIfable Nabire Papua putaran dua kalibobo ketua yayasan DIfable Nabire mendatangkan team Basarnas yg dikoordinir BPK Tri Joko dan kawan kawan untuk pelatihan tentang pertolongan darurat apabila terjadi bencana alam.
Materi yang disajikan kepada peserta tentang pertolongan bilaterjadi bencana alam.


Hari pertama team Basarnas memberikan materi pemindahan korbam ada dua bagian.
1 Pemindahan Darurat.

Pemindahan secara cepat(rapid) di karenakan kondisi situasi yg dapat mengancam langsung terhadap jiwa korban maupun penolong.
2 Pemindahan nondarurat
Pemindahan yang dilakukan baik langsung dikarenakan tidak adanya situasi berbaya yang mengancam .
Materi berikut tentang penanganan cedera spinal ( cedera tulang belakang).ciri ciri cedera spinal korban mati rasa dan tidak sadar membuang kotoran namun Basarnas atau penolong tidak dapat memfonis sikorban cedera spinal ada dokter nanti yang memfonis.

Hari kedua team Basarnas langsung memberi memberi materi secara praktek yang di praktekkan langsung oleh peserta. Tujuan ketua DIfable Nabire membuat training Basic Safety Trainingvolountering untuk membangun sistim keselamatan diri sendiri atau orang lain bila terjadi kondisi darurat di darat atau di perairan .pentingnya training BST ini kami adakan yang pesertanya para guru dan aktivis apabila terjadi yang tidak kita inginkan kami para guru atau aktivis bisa mempraktekkannya mengingat di yayasan DIfable ini delapan pulu persen DIfable dua pulu persen anak yatim piatu.Bukan hanya guru DIfable saja pesertanya tapi ada beberapa guru paud dari yayasan Iksan mandiri.

Wawancara kami pada salah satu peserta yang mengikuti training BST.Sangat puas dan bisa langsung mempraktekan secara simulasi.peserta juga mengatakan apabila terjadi bencana yg tidak kita inginkan sudah bisa langsung membantu team Basarnas.untuk menolong keselamatan orang lain.