PANGKALAN TNI AL DENPASAR PERINGATI ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW 1443 H/ 2022 M

Laporan Baim

Denpasar – Isra Mi’raj adalah salah satu hari besar keagamaan Islam yang memperingati perjalanan malam yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Perjalanan ini membawa perintah sholat lima waktu yang hingga kini dijadikan sebagai pedoman bagi umat muslim.

Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar pada hari Kamis tanggal 10 Maret 2022 pukul 08.00 Wita bertempat di Masjid Sabilul Hidayah Mako Lanal Denpasar Jalan Raya Sesetan 331 Denpasar Bali, melaksanakan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 H/ 2022 M dengan Tema “Hikmah Isra’ Mi’raj dalam kehidupan Prajurit TNI”, dengan penceramah KH. Ir. Agus Thoha Al Amnan dari Pondok Pesantren Sirojut Tholibin Denpasar yang diikuti oleh seluruh umat Muslim Lanal Denpasar.

Hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Lanal (Danlanal) Denpasar Kolonel Mar. I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo beserta Ibu, Palaksa Letkol Laut (P) Agus Ali Hardono, Perwira Staf Muslim, para Prajurit dan PNS Lanal Denpasar serta segenap Pengurus Jalasenastri Cab. 10 Korcab V DJA II.

Dalam sambutannya Danlanal Denpasar mengatakan bahwa makna substansial dari peristiwa Isra Mi’raj untuk kondisi kita sekarang ini, yakni penyadaran terhadap adanya satu kekuatan yang bersifat suprarasional atau sesuatu yang tidak mampu terjangkau oleh akal manusia.

Peristiwa Isra Mi’iraj memberikan hikmah kepada kita agar semakin meningkatkan keimanan kepada yang Maha Pencipta atas segala yang ada. Dalam kesempatan ini Danlanal mengajak prajurit semua untuk meningkatkan keimanan, banyak bersyukur dan pandai-pandai memelihara semua yang sudah kita capai selama ini. Tentu, dengan terus dan tidak berhenti berupaya mengatasi berbagai kekurangan dan tantangan yang masih dihadapi kita kedepan, dan tetap meningkatkan tali silahturahmi, rasa persatuan dan kesatuan antara TNI dan rakyat, tidak sombong tetap rendah hati dan selalu mematuhi segala perintahnya, ucap Danlanal.

Sementara itu dalam ceramahnya Ustadz Ir. Agus Toha Al Amnan berisi tentang Substansi Isra’ Mi’raj dan bulan Sa’ban dalam menerapkan di kehidupan sehari-hari, yaitu mengingatkan kepada kita bahwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW hakekatnya menuntut kita untuk selalu bertanggung jawab dan disiplin dalam menjalankan ibadah, khususnya ibadah sholat lima waktu yang sudah ditentukan waktunya yang tidak boleh ditinggalkan.

Prajurit dan PNS Lanal Denpasar yang beragama Islam wajib untuk selalu disiplin dalam ibadah dan dalam melaksanakan tugas yang hakekatnya juga merupakan ibadah. Jadikanlah tugas yang kita emban sebagai ibadah kepada Allah SWT, jelas Ustadz Agus Thoha.

Kegiatan Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW di Lanal Denpasar Dalam rangka melaksanakan Perintah Harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan dalam mengabdikan diri sebagai prajurit Jalasena yang memegang teguh nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit , Delapan Wajib TNI, dan Trisila TNI AL, dan kegiatan diakhiri dengan Doa Ustadz Agus Thoha. (Pen Lanal Denpasar)