Upaya Melestarikan Kearifan Budaya Lokal, Kades Ciangsana Sambut Ramadhan, Adakan Cucurak,

Laporan Jurnalis : Agus

BOGOR-POS BERITA NASIONAL
Bulan Suci Ramadhan menjadi waktu yang dinanti seluruh umat muslim di Dunia, banyak cara bagi setiap orang dalam menyambutnya. Seperti yang dilakukan Kepala Desa Ciangsana Udin Saputra SH, melaksanakan cucurak bersama seluruh pegawai Desa, termasuk RT dan RW se Desa Ciangsana dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan, pada hari ini Selasa (29/03/22).

Kepala Desa Ciangsana Udin Saputra SH, mengatakan, beberapa hari lagi memasuki Bulan Puasa dirinya mengundang seluruh pegawainya, dari tingkat Staf, Perangkat, sampai RT dan RW se-Desa Ciangsana untuk makan bersama di kantor Desa Ciangsana, guna menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan.

“Saya sengaja mengundang seluruh pegawai Desa yang terlibat didalam pemerintahan saya, untuk menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan, mengadakan cucurak atau curak-curak (bahasa sunda Red) memiliki arti senang-senang atau bersenang-senang. Dalam tradisinya, cucurak dilakukan dengan berkumpul bersama keluarga besar atau kolega,” ucap Udin Saputra SH kepada awak media

Selebihnya Udin Saputra SH juga memaparkan, hal yang membuat tradisi cucurak semakin menyenangkan adalah kumpul bersama dengan cara menghidangkan makanan, dan makan bersama-sama.

“Hal yang membuat saya mengundang seluruh pegawai saya, dalam tradisi cucurak ini, karena semakin menyenangkan, dengan adanya hidangan makanan sederhana seperti nasi liwet, tahu, tempe, ikan asin, serta lalapan dan sambal yang disajikan di atas daun pisang, kemudian dinikmati bersama-sama secara lesehan,” paparnya

Hal ini lah yang di lakukan Kepala Desa Ciangsana, dalam menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan, agar kebersamaan, dalam upaya melestarikan kearifan budaya lokal.