Wakasal Hadiri Panen Perdana Udang Vaname Program INAP Milik TNI AL 

Laporan Baim

Jembrana – Wakil Kepala Staf TNI AL (Wakasal) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono menghadiri panen perdana budidaya udang Vaname Program Indonesian Naval Aquagriculture Program (INAP) di Kampung Bahari Nusantara Jembrana Bali, Sabtu (16/4/2021).

Program Indonesian Naval Aquagriculture Program (INAP) yang merupakan cluster ekonomi Kampung Baharai Nusantara di Jembrana Bali, milik TNI Angkatan Laut. Indonesian Naval Aquagriculture Program (INAP) berhasil membudidayakan udang vaname dengan menggunakan teknologi karya anak bangsa yang disebut Ultra Intensive Aquagriculture – Oxibam Tech.

Keberhasilan tersebut dibuktikan dengan panen perdana pada hari Sabtu 16 April 2022 di INAP tahap I. Program yang telah dicanangkan oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono pada 23 Februari 2022, lalu.

Kunjungannya Wakasal kali ini bertepatan dengan panen perdana udang vaname di INAP Tahap I. “Hasil panen perdana ini cukup memuaskan, ini adalah capaian yang membanggakan dan menunjukkan bahwa teknologi ini proven, kita akan terus mengembangkan program ini agar bisa berperan dalam upaya peningkatan ekonomi bangsa kedepan,” kata Wakasal dalam keterangan persnya di Jembrana Bali.

Wakasal menyebutkan, di Jembrana, sudah ada tiga klaster INAP masing-masing 33 kolam dan akan segera dibangun hatchery untuk ketersediaam benih udang vaname. Pada kesempatan tersebut Heri juga mencoba panen menggunakan jala, diikuti Bupati Jembrana, I Nengah Tamba dan beberapa pejabat dari Mabes TNI AL.

Beberapa kelebihan teknologi ini adalah mampu menjaga kestabilan suhu antara siang dan malam, juga mampu menjaga kestabilan oksigen terlarut dengan menggunakan energi yang jauh lebih rendah dibanding teknologi yang sudah ada sebelumnya.

Sementara itu, Doktor Joe sebagai pencipta teknologi Ultra Intensive Aquaculture – Oxibam Tech mengatakan “Teknologi ini sudah proven dan siap dikembangakan pada cluster INAP yang akan dikembangkan oleh TNI AL, bahkan teknologi ini saya sudah serahkan ke TNI AL untuk digunakan dan di kembangkan dalam cluster cluster program INAP, dan tahap pertama ini menunjukkan hasil yang siginfikan,” kata Joe.

Hadir dalam kegiatan tersebut Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr.(Han)., S.E., M.M., Asrena Pangkoarmada RI Laksma TNI Teguh Prasetyo, S.T., M.M., CHRMP., Danlantamal V Laksma TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr. (Han), M.Tr. Opsla., CHRMP, Danlanal Denpasar Kolonel Mar I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo, S.E., serta para pejabat Mabesal dan Lantamal V serta Perwira Staf Mako Lanal Denpasar. (Pen Lanal Denpasar)