Kemenag Kota Bekasi Gelar Pembinaan Manasik haji massal I dan II Kota Bekasi Tahun 1443-2022

Laporan jurnalis: Im yudi

Pos Berita Nasional,-Kota Bekasi/28-5-2022,Kegiatan Pembinaan atau bimbingan manasik haji massal calon jemaah haji asal Kota Bekasi diikuti ratusan calon haji yang seharusnya berangkat pada tahun 2020 ini. Dalam Pembinaan dan Bimbingan manasik haji massal ini I dan II Kota Bekasi Tahun 1443 H -2022 M bertempat di Masjid Agung Al-Barkah ini berjalan penuh hikmat.

Menurut Kemenag Kota Bekasi , pada tahun 2022 ini Kota Bekasi memberangkatkan mereka untuk mengikuti ibadah haji , sehingga dengan adanya pembinaan dan bimbingan dari Kemenag Kota Bekasi semoga mereka dapat semangat dalam beribadah Haji, doakan saja kami akan berupaya. Pemkot Bekasi serta Kemenag Kota Bekasi intansi Vertikal sinergis untuk meminta kepada Kemenag pusat guna menambah jumlah kuotanya dan kepada yang antri hingga tahun 2030 pun semakin mendapat kesempatan lebih cepat untuk dapat beribadah, karena bila dilihat dari segi usia, kepada yang sudah lanjut usia itu perlu diprioritaskan, dan kami juga apresiasi antusias masyarakat Kota Bekasi yang sangat tinggi yang antri hingga 15 tahun kedepan, demikian dikatakan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bekasi ” H.Sobirin ” .Pada kegiatan Pembinaan manasik Haji Massal bertempat di Masjid Agung Al-Barkah Kota Bekasi . Sabtu ( 28/5/22), yang diselenggarakan selama dua hari tanggal 28 sampai 29 -05-22 oleh Kemenag Kota Bekasi.

Selanjutnya Kepala Kementerian Agama ( Kemenag ) Kota Bekasi ” H.Sobirin ” mengucapkan, Selamat Menunaikan Ibadah Haji pada bulan haji nanti, yang ada pada saat ini ialah seleksi dari Allah SWT untuk dapat berangkat tahun ini, bersyukurlah dan ikuti Manasik Haji ini dengan baik dan benar agar apa yang dilakukan saat ibadah haji nanti dapat dilakukan dengan sempurna dan khusyu dalam melakukan ibadahnya.

Ratusan Calon Haji masih mengantri hingga tahun 2030, kepadanya yang tahun ini berangkat manfaatkan sebaik baiknya untuk waktu beribadah.
Dan kami berharap dari kegiatan ini, wawasan calon jemaah haji dapat terus bertambah, sehingga ketika melaksanakan ibadah haji nanti, dapat berjalan sesuai harapannya ” Jagalah Kesehatan kepada seluruh Calon Haji,  sekitar dua bulan lagi akan melaksanakan Ibadah Haji.

Kami Kemenag Kota Bekasi, senantiasa mendoakan agar Bapak dan Ibu diberikan kelancaran dalam prosesi Ibadah Haji mulai saat ini Manasik hingga pada bulan Haji nanti dan menjadi Haji yang Mabrur dan Mabruroh”,.

Sementara itu Kepala Kementerian Agama Kota Bekasi (Kemenag ) Kota Bekasi , H.Sobirin menjelaskan juga bahwa selain persiapan fisik dan hati yang pasrah, persiapan dalam bentuk bimbingan haji telah menjadi kebutuhan.

Pembinaan dan Bimbingan manasik haji ibarat ‘sekolah’ bagi calon jemaah haji, disampaikan secara teori berikut praktiknya materi antara lain Bimbingan Haji, Kebijakan Pemerintah dan lain sebagainya.

Narasumber dari unsur Ka. Kanwil Provinsi Jabar, Manasik adalah tatacara dan pelaksanaan ibadah baik umroh maupun haji sesuai syariah, dan merupakan hak yang tidak bisa diabaikan bagi seorang muslim yang akan melaksanakan ibadah haji, dilakukan sebelum perjalanan Haji. Dengan mengikuti manasik, setiap calon jemaah haji akan mendapatkan pengetahuan tata cara beribadah haji yang tartil sesuai rukun Haji.
Dalam Kegiatan Pembinaan dan Bimbingan manasik haji massal ke I dan II Kota Bekasi Tahun 1443 H -2022 M Di Masjid Agung Al-Barkah di telah di Pimpin langsung oleh Kemenag Kota Bekasi sekaligus Narasumber yang hadir pada manasik haji massal ini didampingi oleh Kepala Kantor Asda II Kota Bekasi , Kasubbag TU Kemenag Kota Bekasi, Dinas Kesehatan, Imigrasi, dan dari pihak penerbangan.