KASAL: TNI AL Dimanapun Berada Harus Bawa Manfaat Bagi Masyarakat

Laporan Baim

Jakarta – Pengembangan Fasilitas dan Sarana Prasarana Perawatan Personel TNI AL Kantor Markas Komando (Mako) Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal III Jakarta dan Kantor Balurjalbar diresmikan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudho Margono secara Luring dan Daring dari Mako Satrol Lantamal III Pantai Mutiara, Kamis (09/06/2022).

Komitmen dan kebijakan Pimpinan TNI Angkatan Laut, dalam penyediaan sarpras kebutuhan prajurit dan operasional organisasi di Jajaran TNI AL baik berupa Pangkalan, Pendidikan, Olahraga, Latihan, Perkantoran, Perumahan, Kesehatan, Pelestarian sejarah maupun fasilitas lainnya bermuara kepada profesionalisme dan kesejahteraan untuk prajurit TNI AL.

“ Pembangunan fasilitas yang berkesinambungan saat ini menjadi presentase dan etalase dari TNI AL. Untuk itu, tampilan fasilitas TNI Angkatan Laut yang salah satunya dalam wujud Mako dan gedung perkantoran harus mencerminkan kebanggaan, kewibawaan dan kehormatan serta profesionalisme TNI AL secara umum,” ungkap Yudo.

Seperti halnya Satrol Lantamal III sesuai fungsinya adalah satuan pelaksana pembinaan dan operasi Lantamal III, memerlukan markas yang memadai untuk menjalankan fungsi pembinaan kepada unsur-unsur dibawah komandonya. Sementara Balurjalbar sebagai yang menyiapkan dan penyalur prajurit TNI AL untuk menjadi tenaga kerja diluar lingkup organisasi TNI AL, akan lebih efesien dan efektif apabila berada dekat dengan fasilitas pelatihan dan pembekalan ketrampilan yang sebagian besar berada di wilayah Puncak dan Bogor.

Saat diresmikan Kantor Mako Satrol Lantamal III, orang nomor satu di TNI AL mengatakan,“ Gedung ini milik kita bersama, oleh karena itu menjadi tanggungjawab kita bersama untuk menjaga, merawat dan mengelola agar senantiasa dipelihara sebaik-baiknya,” imbuh Yudo.

“Keberadaan Angkatan Laut dimanapun berada harus membawa manfaat pada masyarakat sekitar. Dan jadikan masyarakat yang berada dilingkungan Angkatan Laut sebagai mitra sehingga bisa bersama-sama untuk membesarkan Angkatan Laut yang menjadi milik kita,” pungkasnya

(Penlantamal3)