Presiden Joko Widodo memulai agenda lawatannya ke Rusia dan Ukraina. Pagi ini Jokowi dijadwalkan menuju Munich

Laporan Jurnalis : Gus Wedha

Jakarta, PosBeritaNasional.com|
Presiden berangkat menuju Munich, Jerman pukul 10.00 WIB dari Bandara Soekarno-Hatta,, Minggu, 26 Juni 2022.

Detail agenda perjalanan Jokowi ini sebelumnya sempat dibeberkan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Ia menyebut, dari Jerman Jokowi bakal berangkat Polandia untuk memasuki Ukraina.

“Dari Polandia ke Ukraina naik kereta 12 jam, balik lagi terus ke Rusia. Dari Rusia baru ke Saudi Arabia,” ujar Megawati.

Kabar Jokowi bakal mengunjungi Kiev dan Moskow akhir bulan Juni 2022 sebelumnya dibenarkan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Di Moskow, Jokowi dijadwalkan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, sedangkan di Kiev Jokowi bakal bertemu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

Retno mengatakan, kunjungan ini dilakukan dalam situasi yang tidak normal. Sebab ketegangan di antara kedua negara sudah berlangsung selama tiga bulan lebih.

Namun, sebagai presidensi G20 dan anggota Champion Group from Global Crisis Response Group yang dibentuk Sekjen PBB, Jokowi memilih untuk berkontribusi dan tidak tinggal diam.

Retno mengatakan, kunjungan presiden menunjukan kepedulian terhadap isu kemanusiaan. Presiden Jokowi juga akan mencoba memberikan kontribusi menangani isu pangan.

“(Masalah itu) diakibatkan karena perang, dampak dirasakan semua negara terutama negara berkembang dan penghasilan rendah. Dan (presiden akan) terus mendorong spirit perdamaian,” kata Retno.

Setelah dari Jerman akan mengunjungi Ukraina dan akan bertemu dengan Presiden Zelenskyy, misinya mengajak Presiden Zelenskyy untuk membuka ruang dialog dalam rangka membangun perdamaian karena perang memang harus dihentikan dan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali,” kata Jokowi dalam jumpa pers sebelum berangkat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten pada Minggu (26/6/2022).