TNI AL Tembakkan Torpedo, Uji Kemampuan Alutsista

Laporan Baim

Jalesveva Jayamahe
Jakarta – Dalam rangka menguji kemampuan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista), TNI Angkatan Laut (TNI AL) mengerahkan unsur Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) untuk melaksanakan penembakan Torpedo A244S kepala latihan dengan sasaran CTS106D di perairan utara Situbondo, Jawa Timur, Kamis (07/07).

Dalam latihan tersebut TNI AL mengerahkan KRI Raden Eddy Martadinata (KRI REM)-331 dan KRI Diponegoro (KRI DPN)-365 yang merupakan 2 (dua) Alutsista TNI AL dari jajaran Satkor Koarmada II Surabaya.

Selain melaksanakan penembakan Torpedo A244S kepala latihan, KRI REM-331 juga melaksanakan latihan tracking SCRAB II TDX-217 dan tracking SCRAB II TDX-218. Dimana latihan ini juga dimaksudkan dalam rangka mendukung uji fungsi Alutsista yang dimiliki Puspenerbal.

Selain melibatkan KRI REM-331 dan KRI DPN-365, latihan ini juga melibatkan KRI Pulau Rupat-712, KRI Tombak-629, Helikopter Panther 1303 dari Puspenerbal sebagai unsur pengamanan.

Kegiatan latihan penembakan ini selaras dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono yakni terkait pembinaan SDM TNI AL yang unggul serta meningkatkan kesiapsiagaan Sistem Senjata Armada Terpadu yang memiliki daya gerak dan daya gempur yang tinggi.

Latihan ini ditinjau langsung Asops Kasal Laksda TNI Dadi Hartanto, Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Deny Prasetyo onboard di KRI REM-331, sedangkan pejabat lainnya Kadisopslatal Laksma TNI Eko Wahjono, dan Kadissenlekal Laksma TNI Teguh Prasetyo onboard di KRI DPN-365.(Dispenal)