KRI Sembilang-850 Lantamal XII Selamatkan ABK Kapal yang Karam

Laporan Baim

Mempawah – KRI Sembilang – 850 Unsur Satrol Lantamal XII melaksanakan penyelamatan ABK KLM Maju Indah yang tenggelam di Laut Jawa dengan perkiraan posisi tenggelamnya 100 Nm di Barat Daya Ketapang.

Berawal mendapat Informasi pada hari Senin tanggal 11 Juli 2022 Pukul 16.45 WIB, Lantamal XII menerima berita dari Bapak Andri sebagai agen dari PT. Eka Sari Bahari Rakyat bahwa telah terjadi kecelakaan laut mengakibatkan tenggelamnya Kapal KLM Maju Indah di perairan Gosong Aling Laut Jawa tepatnya di Selat Karimata atau koordinat 3°23.00′ S – 110°07.00′ T.

Adapun data kapal yang mendapat musibah tenggelam
Panjang 26,09 meter, Lebar 9,50 meter dan Draft 3,62 meter.
Jumlah ABK 8 orang dengan jabatan Jefri (Nahkoda), Dedi Setiawan (Mualim), Safri (KKM), M. Ridwan (Masinis), Muh. Ardi (Juru Mudi), Tubagus Arifianto (Juru Mudi), Nicolaos Betirbulor (Juru minyak), dan M. Ryan Hidayatulloh (Juru Minyak).

Sedangkan muatan kapal saat berlayar membawa pupuk Dolomit 190 ton, Pupuk SP 36 100 Ton, Granit 10 Ton, Bahan kelontong 30 Ton.
Sementara kapal diageni oleh PT. Ekasari Bahari dan pemilik barang adalah PT. Rezeki Murni Setia

Kronologi kejadian tenggelamnya KLM Maju Indah pada tanggal 8 Juli 2022 Pukul 16.00 WIB KLM Maju Indah Berangkat dari Gresik Menuju Pontianak dengan Muatan Pupuk dan Barang Kelontong.
Pada tanggal 11 Juli 2022 Pukul 15.00 WIB KLM. Maju Indah dihantam ombak di Selat Karimata mengakibatkan tenggelam di Perairan Gosong Aling Selat Karimata (Laut Jawa)

Pada Pukul 16.50 Wib hari Senin tanggal 11 Juli Kansar Pontianak Berkoordinasi dengan Satrol Lantamal XII (F1QR).
Kemudian Danlantamal XII Laksma TNI Suharto, S.H., M.Si (Han) melalui Dansatrol Lantamal XII memerintahkan KRI Sembilang – 850 untuk melaksanakan Pencarian dan Pertolongan (SAR) di lokasi tenggelamnya KLM Maju Indah perairan Selat Karimata.

Tanggal 12 Juli 2022 sekira pukul 08.45 tiba dilokasi dan melakukan aksi pertolongan dan pencarian dengan berhasil menyelamatkan 8 orang ABK. KLM Maju Indah yang terapung-apung dilaut dalam keadaan selamat. Sedangkan untuk muatan tidak dapat diselamatkan, karena sudah tenggelam bersama kapal kedasar laut dan selanjutnya KRI Sembilang-850 membawa ABK KLM Maju Indah bergerak menuju Pelabuhan Ketapang.

Pukul 17.45 Wib KRI Sembilang-850 tiba di pelabuhan Ketapang. Tim kesehatan Lanal Ketapang beserta Tim Karantina Kesehatan melaksanakan pemeriksaan terhadap ABK KLM. Maju Indah.

Kemudian Danlanal Ketapang melaksanakan Konferensi Pers didampingi Dan KRI Sembilang-850 di geladak buritan KRI Sembilang-850 untuk menjelaskan terjadinya musibah tenggelamnya KLM. Maju Indah dengan dihadiri oleh pejabat dari SAR Ketapang, Polair Ketapang, KSOP Ketapang, dan Karantina Kesehatan Pelabuhan.

Pukul 19.20 Wib dilaksanakan serah terima ABK KLM Maju Indah yang diselamatkan dari Danlanal Ketapang kepada Agen Kapal atas nama Bapak Adrian dalam baik dan sehat kemudian selanjutnya kegiatan Percarian dan Pertolongan (SAR) ABK KLM Maju Indah dinyatakan selesai.

Ksatria Jala Khatulistiwa
Dispen Lantamal XII