THE RISING TIDE, MULUNG PARAHITA GANDENG TNI AL CIPTAKAN INOVASI EKOSISTEM PENANGANAN LINGKUNGAN

Laporan Baim

Denpasar – Polusi sampah adalah salah satu penyebab kehancuran ekologis, namun sampah bukanlah musuh manusia, tanpa disadari sampah telah menjadi bagian dari peradaban. Sampah menjadi momok bagi lingkungan jika tidak dikelola dengan baik, ketidakpedulian soal sampah secara langsung dan tidak langsung mensponsori kerusakan alam. Sebaliknya dengan pengelolaan yang tepat, sampah adalah material baru yang memiliki potensi energi dan ekonomi.

Dengan semangat yang sama dan bersamaan dengan Presidensi G20 di Indonesia, serta program Kampung Bahari Nusantara TNI Angkatan Laut, Puri Ageng Blahbatuh melalui program Mulung Parahita berkolaborasi dengan TNI Angkatan Laut Republik Indonesia berinovasi menciptakan Ekosistem Penanganan Lingkungan yang menggerakkan desa-desa pesisir untuk bersama-sama menjalankan pengelolaan sampah berbasis sumber secara digital dan mewujudkan ekonomi sirkular.

Sinergitas Mulung Parahita dan TNI Angkatan Laut dalam menjalankan Pengelolaan Ruang Laut dan Pelindungan Lingkungan Laut melalui Ekosistem Penanganan Lingkungan yang berjalan selaras dengan Program TNI Angkatan Laut yaitu Penanaman Mangrove Nasional secara serentak, yang merupakan upaya untuk mendukung Program Penanggulangan Bencana Perubahan Iklim dan Cuaca Global.

Dan pada hari Senin 18 Juli 2022, telah di laksanakan rangkaian kegiatan ” The Rising Tide Campaign ” yang di selenggarakan oleh Yayasan Mulung Parahita dan Omsp Tni Angkatan Laut bertempat di Puri Ageng Blahbatuh Gianyar, Bali.

Hadir dalam kegiatan tersebut H. Bambang Soesatyo, S.E,MBA (Ketua MPR-RI), Irjen Pol. (Purn) Drs Sidharto Danu Subroto SH (Wantimpres RI) Profesor Dr. Ir. Siti Nurbaya MSC Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kadispotmaral, Laksma TNI Dr. Agung Slamet Suradi, S.T., S.Sos, M.M., I Made Teja (Kadis LHK) Bali, Sahli Pangdam IX/UDAYANA KoloneL Inf Dewa Agung, Kombes. PoI. Arsdo Evar P. Simatupang, S.I.K,S.H. (Dir Binmas Polda Bali), Danlanal Denpasar di wakili Palaksa Ltk Laut (P) Agus Ali Hardono, Ketua Jalasenastri Cabang 10 Korcab V DJA II Ny. Santi Dewa Rake, Kepala UPT LHK Lingkup Provinsi Bali, Penglingsir Puri Se-Bali dan Masyarakat Blahbaluh Gianyar Bali.

Adapun rangkaian kegiatan pembukaaan acara diawali dengan Sambutan gerakan ekonomi Sirkuler Nasional, pertunjukan wayang sampah bumi suda dilanjutkan dengan Penganugerahan warga kehormatan kepada Wantimpres RI dan Kadispotmaral.

Setelah acara penugerahan warga kehormatan di Puri Ageng Blahbatuh dilanjutkan Paparan Kampanye The Rising Tide dan penyerahan bibit mangrove oleh Mentri LHK kepada Kadispotmaral.

Usai pelaksanaan paparan kampanye the rising tide dilajutkan dengan Sambutan Ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo sekaligus membuka acara The Rising Tide dan pemukilan gong dan pelepasan Solo Triatlonis menuju Jakarta.

Sebelum acara pembukaan The Rising Tide di Puri Ageng Blahbatuh, Ketua Jalasenastri Cabang 10 Korcab V DJA II Ny. Sanyi Dewa Rake dan segenap Jajaran Pengurus Cabang 10 Korcab V DJA II menyerahkan bahan kontak kepada masyarakat yang kurang mampu. (Pen Lanal Denpasar)