Simak : KTT G20 Bali dan Serba-serbi Acaranya

Laporan Jurnalis : Gus Wedha

Jakarta – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang ke-17 tahun 2022 akan berlangsung di Bali, Indonesia. KTT ini akan menjadi puncak dari proses dan usaha yang intensif dari seluruh alur kerja G20 selama setahun keketuaan Indonesia.

Lantas, kapan KTT G20 di Bali digelar? Untuk mengetahui lebih lanjut simak informasi serba-serbi tentang KTT G20 Bali beirkut ini.

Seperti dilansir situs resmi G20, kapan KTT G20 Bali akan berlangsung pada tanggal 15-16 November 2022 di Bali, Indonesia. KTT G20 di Bali akan menjadi puncak dari proses dan usaha yang intensif dari seluruh alur kerja G20 (Pertemuan Tingkat Menteri, Kelompok Kerja, dan Engagement Groups) selama setahun keketuaan Indonesia.

Berada tepat di antara pulau Jawa yang sibuk dan pulau Lombok dengan keindahan yang menawan, Bali selalu menjadi pusat tujuan pariwisata Indonesia. Penuh dengan pemandangan yang indah dan budaya yang hidup, Bali menyerupai surga di bumi, tempat di mana para dewa memutuskan untuk tinggal, membuat Bali dijuluki “The Island of Gods”.

Tahun ini, Bali akan kembali menunjukkan keindahannya ke dunia, dengan menyambut para delegasi pertemuan G20 dan para Pemimpin dari anggota G20 untuk KTT G20 ke-17.

Seperti diketahui, kapan KTT G20 Bali digelar adalah pada tanggal 15-16 November 2022. Berdasarkan jadwal resmi agenda KTT G20 di Bali, pada tanggal tersebut akan dilaksanakan agenda G20 Leaders’ Summit.

G20 Leaders’ Summit ini merupakan puncak dari proses pertemuan atau KTT G20 yaitu rapat tingkat kepala negara atau pemerintahan.

Sejarah dan serba serbinya KTT adalah singkatan dari Konferensi Tingkat Tinggi. G20 adalah sebuah platform multilateral strategis yang menghubungkan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia yang memiliki posisi strategis dalam menentukan masa depan pertumbuhan ekonomi dunia. Hal ini dikarenakan secara kolektif, anggota G20 merepresentasikan lebih dari 80 persen perekonomian dunia, 75 persen perdagangan internasional, dan 60 persen populasi dunia.

Sejarah G20 dimulai sejak tahun 1999 sebagai pertemuan di tingkat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Pertemuan G20 semakin intens digelar dengan KTT tahunan yang diikutsertai oleh masing-masing Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan dari anggota G20.

Tujuan G20 adalah untuk mendiskusikan kebijakan-kebijakan dalam rangka mewujudkan stabilitas keuangan internasional. Forum ini dibentuk sebagai salah satu upaya menemukan solusi atas kondisi ekonomi global yang dilanda krisis keuangan global pada 1997-1999 dengan melibatkan negara-negara berpendapatan menengah dan memiliki pengaruh ekonomi secara sistemik, termasuk Indonesia.

Anggota G20 adalah Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa. Spanyol juga diundang sebagai tamu tetap.

Setiap tahun, tuan rumah juga mengundang negara-negara tamu, yang mengambil bagian penuh dalam pertemuan-pertemuan G20. Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20 ke-17 yang akan digelar di Bali.

Seperti diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah untuk pertemuan G20 ke-17 tahun 2022 yakni KTT G20 Bali. Seperti dilansir situs resmi BI, tema presidensi G20 Indonesia 2022 adalah “Recover Together, Recover Stronger”. Melalui tema tersebut, Indonesia ingin mengajak seluruh dunia untuk bahu-membahu, saling mendukung untuk pulih bersama serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan.

Dalam rangka menyambut delegasi G20 dalam pelaksanaan KTT G20 di Bali, pemerintah telah menyelenggarakan serangkaian acara pendukung hingga KTT G20 BALI tanggal 15-16 November 2022. Pemerintah juga turut mengerahkan segala instansi terkait untuk mempersiapkan acara tersebut agar dapat berjalan dengan lancar..(*)