‘SABER PUNGLI’ jangan cuma jadi mimpi di siang bolong

Laporan Jurnalis : Imam Wahyudi

Bekasi, Pos Berita Nasional Bekasi,27/10/2022 . Sosialisasi ‘ SABER PUNGLI ‘ sedang menggeliat terbukti dengan adanya acara sosialisasi tersebut di setiap Kelurahan di Kecamatan Bantar Gebang Kota Bekasi akhir akhir ini. Bertujuan untuk menciptakan pemahaman di masyarakat agar mengerti juga mengetahui apa saja yang termasuk dengan unsur nuansa pungli tersebut, juga berani melaporkannya.

Namun seiring dengan sedang giat giatnya sosialisasi saber pungli tersebut ternyata masih saja ada oknum RT yang melakukan pungli dana kompensasi sampah DKI yang lebih di kenal dengan ‘ UANG BAU ‘ yang setiap triwulan di terima oleh masyarakat yang memiliki KTP dan berdomisili di Kecamatan Bantar Gebang. Dalih pungli untuk dana kegiatan dan aneka sumbangan di lingkungan RT, pungli tersebut di kemas amat rapih.

” Pungutan boleh saja asalkan di ketahui dan di sepakati oleh warga dengan dibuatkan berita acara tertulis dan transparan dalam penggunaanya” pungkas Camat Bantar Gebang dalam sambutannya di acara sosialisasi saber pungli di Kelurahan Bantar Gebang (20/10/2022)

Fungsi kontrol yang di miliki oleh LSM,LPM, Media dan tokoh masyarakat harus benar benar bisa mengawal dan mengawasi segala kegiatan yang kental dengan nuansa pungli tersebut sangat di harapkan. Karena oknum pelaku pelaku pungli tersebut sudah merasa semakin ‘ ANGKUH ‘ dan ‘ JUMAWA ‘ apabila tidak mendapatkan ganjaran hukum yang setimpal dari perbuatan yang telah menyengsarakan masyarakat.
Peran serta aktif dari Camat dan Lurah dalam menindak sangat di harapkan jika ada elemen masyarakat yang melaporkan adanya pungli yang dilakukan oleh oknum RT tersebut di wilayahnya.