SEMARAK PAWAI KESENIAN TEMANGGUNG : SERIBU SENIMAN BERAKSI

Laporan Redaksi

Temanggung, Pos Berita Nasional.
Gelar Pawai Seni Merdeka di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah bakal menyedot ribuan penonton. Sedikitnya Seribu seniman bakal memeriahkan peringatan HUT RI 77 Kabupaten Temanggung.

Acara digelar Kamis pagi 18 Agustus 2022 dimulai pukul 08.00 WIB, start di depan Telkom Temanggung. Pawai kesenian akan menuju alun alun Temanggung dan melanjutkan route di dalam kota. Tak ketinggalan setiap camat dari 20 kecamatan juga menghadirkan minimal 1 kelompok kesenian untuk ikut pawai.

Gelar Pawai Seni Merdeka tersebut tidak lepas dari upaya pemerintah kabupaten Temanggung untuk mengembangkan kreatifitas seni, yang dimulai dengan pengucuran bantuan hibah dana 6,4 milyar rupiah pada tahun 2020.

Pada event tersebut, setiap kelompok kesenian beranggotakan 40 hingga 45 orang penari. Ditambah, puluhan niyaga atau pengrawit dalam setiap grup yang disertai pengombyong, serta reog Ponorogo.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Temanggung Saltiyono Atmaji menuturkan, Pawai Seni Merdeka dikemas dengan mengedepankan artistik dalam penampilan setiap kelompok kesenian.
“Para pelaku UMKM juga akan menjajakan makanan tradisional khas Temanggung seperti ento cotot, sego jagung, cetil, ndas borok, ndog gludug, dan lainnya. Harapannya, dari acara ini akan mengangkat perekonomian masyarakat”, tutur Saltiyono.

Para penjaja makanan tradisional akan berada di sekitar Alun-alun dimana masyarakat berkumpul untuk menyaksikan jalannya pawai kesenian yang berangkat dari depan Telkom Temanggung.
Pawai kesenian akan melintas epanjang Jalan Jenderal Sudirman dan ada tempat pertunjukan atau panggung kehormatan di depan BCA. Mereka beratraksi sesuai kekhasan budaya masing masing kelompok kesenian.

Menurut Korlap Pawai Seni Merdeka Roy Suroyo, Parade Seni Merdeka ini memiliki nilai lebih dibandingkan dengan acara serupa sebelumnya. Kali ini akan menampilkan seluruh kesenian yang ada di Kabupaten Temanggung bukan hanya jaran kepang dan topeng ireng saja, namun ada banyak ragamnya seperti wulang sunu, wulang nggato, gatholoco , rampak buto, buto gedrug, warokan dan reog ponorogo.
Kelompok-kelompok tersebut saat ini sudah mempersiapkan diri dengan latihan rutin, agar penampilan mereka bisa maksimal saat tampil di hadapan publik pada Pawai Seni Merdeka, pada hari Kamis tanggal 18 Agustus 2022, mulai pukul 08.00 WIB di Kota Temanggung. (sumber Budhy – Citizen Journalist)