WADANLANTAMAL III HADIRI SERAH TERIMA, PERESMIAN, DAN PENGUKUHAN KRI DORANG -874 DAN KRI BAWAL-875 DI SUNDA KELAPA 

Laporan Baim

Jakarta – Wakil Komandan Lantamal III Kolonel Laut (P) Heri Prihartanto mewakili Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., CHRMP., M.Tr. Opsla., M.Han menghadiri penyerahan dan pengukuhan 2(dua) kapal PC 60 M KRI DORANG -874 DAN KRI BAWAL-875 oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purnomo di Batavia Sunda Kelapa Marina Jl. Raya Baruna no. 3 Jakarta, Rabu (31/08/2022).

Menurut Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. saat kunjungan ke PT Caputra Mitra Sejati Serang Banten beberapa waktu lalu mengatakan, “ Realisasi pembangunan kemampuan dari pemenuhan kapal patroli yang harus ditunjang dengan peningkatan kemampuan dan professional prajurit, sebagai perwujudan dari TNI AL yang professional, modern, dan Tangguh,” pungkas Yudo

Sementara itu dalam sambutan Kasal secara tertulis yang dibacakan Wakasal menyampaikan bahwa Dua KRI Dorang-874 dan KRI Bawal-875 nantinya akan memperkuat Armada Pertahanan TNI Angkatan Laut di Jajaran Unsur Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon, Maluku dan Lantamal XIV Sorong yang merupakan karya anak bangsa sebagai Pembangunan kekuatan TNI AL sesuai dengan perencanaan strategis yang bertujuan mendukung pemenuhan tugas TNI AL.

Kapal Patroli cepat dengan Panjang 60 meter, lebar 8,50 meter, dan bobot 440-520 ton, kemampuan melaju berkecepatan maksimal 24 knot, kecepatan jelajah 17 knot dan kecepatan ekonomis 15 knot ini memiliki kekuatan berlayar selama enam hari dan mampu mengangkut 46 personel dan 9 personel cadangan serta dilengkapi dengan Meriam utama (single barrel) 40 mm yang berkemampuan tracking System.(penlantamal3)