WAKASAL SAMBUT KEDATANGAN KRI SIM-367 SATGAS MTF 2022

Laporan Baim

Jalesveva Jayamahe
Jakarta – Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono mendampingi Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Eko Margiono mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menyambut kedatangan KRI Sultan Iskandar Muda-367 (KRI SIM-367) yang baru saja menyelesaikan tugasnya menjadi Pasukan Perdamaian Dunia dalam Satuan Tugas Maritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-M United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) tahun 2022, di Lapangan Moeljono Silam, Markas Komando Lintas Laut Militer, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (01/09).

Penyambutan kedatangan Satgas yang telah tiba kembali di Tanah Air juga didampingi oleh, Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Muhammad Ali, Pangkoarmada RI Laksdya TNI Abdul Rasyid K., para Pejabat Utama Mabes TNI, Pejabat Utama Mabesal, Pejabat Utama Mabes TNI serta Pejabat Kotama TNI AL wilayah Jakarta.

Para Pimpinan mengapresiasi seluruh personel Satgas MTF, karena selama bertugas di Lebanon mendapat beberapa piagam penghargaan atas keberhasilan yang telah dicapai. Keberhasilan yang telah diperoleh tentunya tidak lepas dari kerja sama, soliditas, profesionalisme, semangat, kerja keras, dedikasi dan loyalitas yang tinggi dari seluruh personel Satgas.

Beberapa piagam penghargaan yang berhasil diperoleh diantaranya adalah; UN Medal, Medali Santi Dharma, Medali Veteran Perdamaian Republik Indonesia, Valour of Medal LAF Navy, Brevet Garuda, Brevet UNIFIL, Pin Maritime Task Force, Letter of Appreciation dari UNIFIL Head of Mission and Force Commander, Letter of Appreciation dari Maritime Task Force Commander, Duta  Kebudayaan dari KBRI Beirut dan KBRI Ankara serta Certiticate SCHUTZENSCHNUR (German Shooting Cord),” ujarnya.

Selain itu, kiprah personel TNI AL di mata internasional yang tidak kalah penting yakni mencetak sejarah baru dengan memberi andil besar dalam pembentukan Command Center MTF-NOC (Maritime Task Force-Naval Operation Center) di MTF Head Quarter UNIFIL Naqoura dalam pembentukan Command Center MTF-NOC (Maritime Task Force-Naval Operation Center).

Keterlibatan TNI AL dalam MTF Konga XXVIII-M UNIFIL merupakan salah satu program dalam rangka meningkatkan profesionalisme, mempererat hubungan kerja sama, dan secara eksternal memiliki tujuan untuk meningkatkan peran diplomasi TNI AL sesuai dengan prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.(Dispenal)