Zona Bakamla Timur Kuatkan Sinergi dengan Guspurla Koarmada III

Laporan Baim
Ambon – Kepala Zona Bakamla Timur Laksma Bakamla Dr. Drs. Haris Djoko Nugroho, M.Si. melakukan kunjungan kehormatan ke Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada III. Laksma Bakamla Haris beserta rombongan disambut dengan hangat oleh Komandan Guspurla Koarmada III Laksma TNI Ashari Alamsyah, CHRMP., beserta jajarannya. Pertemuan yang kental dengan suasana kekeluargaan berlangsung di Markas Komando Guspurla Koarmada III, di Kota Ambon, Maluku, Kamis (1/9/2022).

Kedatangan Laksma Bakamla Haris selain untuk memperkenalkan diri sebagai Kepala yang baru di Zona Bakamla Timur, juga untuk memperkuat sinergi dengan instansi terkait, khususnya yang memiliki peran dalam keamanan dan keselamatan laut.

Hal ini sesuai dengan perintah Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia, yang menekankan untuk terus menjalin dan memperkuat sinergi dengan instansi terkait, baik di dalam maupun di luar negeri.

Dalam mengemban tugasnya Zona Bakamla Timur berperan dalam pengamanan laut yang meliputi Provinsi Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, dan Papua. Dalam kesempatan ini Laksma Bakamla Haris menyampaikan kesiapannya untuk mendukung dan berkoordinasi intens dengan Guspurla Koarmada III, khususnya dalam patroli bersama pengamanan perairan Indonesia di wilayah timur. Terlebih lagi, hal ini telah dikukuhkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan, Keamanan, Keselamatan, dan Penegakan Hukum di Wilayah Perairan Indonesia dan Wilayah Yurisdiksi Indonesia.

Tidak hanya itu, melalui kunjungan ini diharap dapat meningkatkan kerja sama kedua instansi. Zona Bakamla Timur dan Guspurla Koarmada III telah melakukan beberapa kegiatan latihan bersama, seperti patroli bersama, latihan menembak, latihan menyelam, dan kegiatan lainnya.

Turut hadir dalam kunjungan ini Kepala Bidang Operasi Zona Bakamla Timur Kolonel Bakamla Eko Deni Hartono, S.H., Kepala Staf Guspurla Koarmada III Kolonel Laut (P) Agustinus Djoko Priyanto, S.E., M.Si., Asintel Guspurla Koarmada III Kolonel Laut (P) A. Agus Sutomo, S.T., M.Tr. Opsla., Paban Analev Guspurla Koarmada III Letkol Laut (KH) Ridwan, Sos., M.Han., dan Pranata Komputer Ahli Muda Zona Bakamla Timur Kapten Bakamla Widyawan Prabowo, S.E. (Humas Bakamla RI)