Kasal: PPAL Telah Beri Kontribusi Positif Bagi Kemajuan TNI AL

Laporan Baim

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta – Di usianya yang lebih dari tiga dekade, PPAL telah memberikan kontribusi positif bagi kemajuan TNI Angkatan Laut, khususnya dalam berbagi pengalaman, ide, dan pemikiran. Demikian sambutan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang dibacakan Wakasal Laksdya TNI Ahmad Heri Purwono pada acara Tasyakuran HUT ke-36 Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) PPAL di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Rabu (7/9) lalu.

Selanjutnya disampaikan, meskipun situasi dan permasalahan yang dihadapi pada setiap masa tidaklah sama, akan tetapi semangat perjuangan dan prinsip-prinsip pengabdian tidak akan pernah berubah. “Sesuai dengan sesanti Adhi Dharma Purnawira, PPAL tidak akan pernah berhenti berbakti. Pengabdian PPAL tidak dibatasi oleh usia dan masa dinas,” lanjutnya.

Acara tasyakuran yang mengambil tema “Dengan Semangat Kebersamaan Kita Wujudkan Indonesia Pulih Lebih Cepat – Bangkit Lebih Kuat” ini dihadiri Ketua Umum PPAL Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji, Kasal, Wakasal, Pejabat Utama Mabesal, Pangkotama TNI Angkatan Laut, Dewan Pertimbangan PPAL, mantan Ketua Umum PPAL, para purnawirawan TNI Angkatan Laut, dan warakawuri TNI Angkatan Laut, serta tamu undangan lainnya. Juga hadir Pimpinan/Pengurus DPP Pepabri, LVRI, Bakamla, PPAD, PPAU, PP Polri, Jalasenastri, HW ALRI, PP Kowal, dan PIPAL (Paguyuban Istri Purnawirawan Angkatan Laut).

Ketua Umum PPAL dalam sambutannya mengatakan di usia PPAL yang ke-36 tentunya dalam perjalanannya organisasi ini mengalami berbagai dinamika, dalam pengabdiannya khususnya kepada seluruh anggota dan keluarga besarnya. Mengingat PPAL bukan hanya menjadi wadah, namun berkembang menjadi suatu organisasi yang lebih bermakna, yang dapat memerjuangkan kepentingan utama anggotanya, yaitu kesejahteraan pada usia senja.

Menurut Laksamana Purn Siwi, tidak mudah untuk mewujudkan keinginan yang tampak sederhana itu, bila tidak dilandasi dengan etikat keinginan yang kuat, keikhlasan dari kita semua serta ketulusan hati dan munculnya jiwa sosial sesama anggota.

Pada acara ramah tamah HUT ke-36 PPAL, Ketum PPAL didampingi Ketua PIPAL Dra. Manik Siwi Sukma Adji melakukan pemotongan nasi tumpeng. Kemudian, hadirin dihibur dengan dilantunkannya lagu-lagu apik oleh Band Arudam dan Kolintang “Pinkan” di bawah asuhan Ny Penny Marsetio.

Suasana semakin semarak ketika Paduan Suara PPAL Rayon Jonggol membawakan lagu “Satriyaning Segoro” yang membuat Ketua Umum Jalasenastri Ny Vero Yudo Margono dan Dra. Manik Siwi Sukma Adji berjoget gembira. Hal tersebut memancing ibu-ibu yang lain untuk turut berjoget. Bahkan Laksamana Yudo juga ikut bernyayi dan joget bersama.

Pada acara tasyakuran ini juga dilaksanakan penandatanganan MOU antara PPAL dengan PT ASABRI (Persero) guna memberikan pelayanan prima kepada para purnawirawan TNI Angkatan Laut. (Dispenal)