Lalin Macet Akibat Demo Buruh Di Cianjur

Laporan Jurnalis : Yati

CIANJUR – Sekitar Ribuan buruh di Kabupaten Cianjur menggelar aksi longmarch dan unjuk rasa mulai dari kawasan industri Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur, berjalan kaki menuju pendopo kantor Bupati Cianjur, Senin (19/9/2022).

Pantauan Awak media saat berlangsung demo buruh menutup simpang empat tugu Pramuka kawasan Rawabango dan sempat berorasi serta melakukan istirahat setelah berjalan kaki.

Dalam demo  ini Ketua SPN Kabupaten Cianjur, Hendra mengatakan, aksi akan dilakukan selama dua hari dan tuntutan minta bertemu dengan Bupati Cianjur Herman Suherman untuk menyampaikan aspirasi secara langsung ” ungkapnya..

Berbagai Aliansi buruh Cianjur bersatu ini akan dilaksanakan dua hari tanggal 19 hari ini sampai besok tanggal 20 dan kita menuntut supaya bisa ketemu langsung dengan Bupati Cianjur ada tiga tuntutan dalam aksi sekarang,” ungkap Hendra.

Lanjut hendra mengatakan, tuntutan yaitu penolakan kenaikan harga BBM yang kedua penolakan tentang undang-undang omnibuslaw cipta kerja, yang ketiga tentang kenaikan UMK tahun 2023 minimal 15%.

Dalam demo ini terdapat sekitar tiga serikat pekerja yang melakukan unjukrasa hari pertama dengan perkiraan massa  membludak.

Demo kali ini kita juga memberikan kebebasan kepada teman-teman buruh Kabupaten Cianjur yang mau bekerja silakan bekerja yang mau ikut berjuang bersama kita yuk sama-sama,” pungkasnya.