Unsur BKO Guspurla Koarmada III Laksanakan Latihan Bersama di Perairan Papua Barat

Laporan Baim

Sorong PB – TNI AL/ Koarmada III. Unsur dibawah komando operasi (BKO) Gugus Tempur Laut Koarmada III, yang terdiri dari KRI Teluk Weda-526 dan KRI Teluk Lada-521 serta Pesud NC 212-200 Aviorcar U-6215, melaksanakan latihan bersama di Perairan Selat Sagewin Papua Barat, Kamis (20/10/2022).

Dalam kaitan latihan tersebut, Komandan KRI Teluk Weda-526 Letkol Laut (P) Thomas Riyanto, M.SI (HAN), menyampaikan bahwa Latihan bersama unsur BKO Guspurla III tersebut adalah melaksanakan Air Joining Procedure (AJP) dan Air Deffense Exercise serta Uji jaring Komunikasi/ Frekuensi antar KRI dan Pesud U-6215 TNI Angkatan Laut dengan menggunakan radio Ground to Air (GTA).

Selain itu Latihan tersebut merupakan latihan yang melibatkan seluruh korps prajurit didalam suatu organisasi KRI, sehingga tujuan dari latihan ini adalah untuk mengasah profesionalitas serta naluri tempur para prajurit laut, khususnya prajurit laut Koarmada III.

Dimana unsur-unsur Koarmada III yang berdekatan dalam suatu daerah operasi yang sama akan melaksanakan latihan secara bersamaan. Hal ini bertujuan untuk menunjukan adanya kehadiran KRI di setiap perairan Indonesia khususnya di wilayah kerja Koarmada III, serta untuk meningkatkan daya gentar terhadap aktivitas kapal asing baik itu Kapal Perang Negara lain atau Kapal Niaga yang dimungkinkan melakukan pelanggaran wilayah di perairan teritorial Indonesia.

Sebelumnya KRI Teluk Weda-526 yang merupakan unsur dari Satuan Kapal Amfibi/ Satfib Koarmada III, juga melaksanakan Proskomtis/ Prosedur Komunikasi Taktis dengan unsur Koopsau III yaitu Pesawat Udara/ Pesud Patmar CN-235 TNI Angkatan Udara yang sedang melaksanakan Operasi Pengamanan Alur Laut Kepulauan Indonesia/ ALKI III

Demikian Berita Dispen Koarmada III
Kadispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat