Mahasiswa IAIN KKN-MB Klp 20 Bagikan 1000 Bibit Gratis Kepada Masyarakat

Laporan Jurnalis Ricky

Basel – Pembagian dan penanaman bibit pohon di Desa Pasir Putih, Kecamatan Tukak Sadai Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menjadi salah satu program kerja (Proker) Mahasiswa Kuliah kerja Nyata (KKN-MB) Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Kegiatan ini melibatkan kerja sama mahasiswa KKN Desa Pasir Putih dengan 4 RT. Sabtu (29/10/2022).

Pembagian dan penanaman bibit buah-buahan (durian, rambutan, jambu, jeruk nipis dan sirsak) dan beberapa tanaman hias (pucuk merah) serta bibit pohon Ketapang yang dilakukan di empat titik RT yakni RT 01, 02, 03 dan 04.

Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan dalam penataan serta penghijauan desa dan lingkungan sekitar.

Selain itu, masyarakat juga bisa memanfaatkan lahan perkarangan rumah atau kebun untuk ditanami pepohonan dan buah-buahan.
Untuk pembagian dan penanaman bibit, mahasiswa KKN memilih Kantor Desa sebagai lokasi penanaman pertama sekaligus simbolis serah-terima bibit dari mahasiswa KKN kepada Kepala Desa Pasir Putih, kemudian dibagikan kepada warga.

Koordinator mahasiswa KKN Desa Pasir Putih, dilakukan oleh ketua kelompok XX sendiri, yaitu Habib Yarhamka yang menjelaskan bahwa proker ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penghijauan kepada masyarakat Desa Pasir Putih, sekaligus memanfaatkaan lahan kosong dan lahan warga yang tersedia.

“Juga sebagai upaya untuk menambah penghijauan disetiap rumah dan juga ada beeberapa peembagian bibit tanaman buah.” Imbuh Habib.

Adapun bibit pohon buah yang dibagikan yaitu rambutan, jambu biji, sirsak dan buah alpukat. Teknis penyebarannya yakni dengan dibagikan ke warga sekitar dan kemudian dilakukan penanaman dibeberapa instansi.

Bpk. Iin Sandra, A.Md, sebagai kepala Desa Pasir Putih, juga mngutarakan harapannya dengan terlaksanakan kegiatan ini.

“Dengan adanya program bantuan pembagian dan penanaman bibit dari Mahasiswa KKN-MB Intitut Agama Islam Negeri Syaiskh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, semoga dengan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Pasir Putih. Kami dari Pemerintah Desa Pasir Putih mengucapkan terimakasih atas partisipasinya dan program yang telah di jalankan mahasiswa KKN-MB di Desa Pasir Putih. Bernilai guna nantinya dan kegiatan ini dapat bernilai ibadah serta diridhoi Allah Swt.” harapanya.