Program TMMD ke 115 Penghubung 2 Kecamatan Cigudeg-Rumpin di Targetkan Selesai Bulan November 2022

Laporan : A.chandra

Kabupaten Bogor,Jalan sepanjang 1,7 kilometer penghubung Desa Bayuasih, Kecamatan Cigudeg dengan Desa Rabak, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor ditargetkan selesai pada 9 November 2022. Progres pembangunan jalan telah mencapai 70 persen.

“Progresnya hampir 70 persen,” kata Dandim 0621 Kabupaten Bogor Letkol Kav Gan Gan Rusgandara

Jalan penghubung yang membelah perbukitan ini masuk proses pemerataan batu dan pengerasan jalan. Lalu, anggota TNI dengan warga juga sedang membuat turap dan bronjong di beberapa titik.

“Pelebaran jalan 100 persen. Pemasangan turap sedang berjalan dan pemasangan gorong-gorong 4 titik, juga renovasi rumah dan masjid,” jelasnya.

Gan Gan menambahkan, dalam pembangunan ini pihaknya memang mengalami kendala salah satunya cuaca. Karena, daerah tersebut kerap diguyur hujan terutama menjelang siang atau sore hari.

“Kita terkendala cuaca namun kita maksimalkan dimulai pagi sampai pukul 2 siang. Karena di sini cuaca sering hujan di atas jam 2 siang,” ungkapnya.

Tak hanya itu, akses menuju lokasi yang ekstrim denga jalan kecil dan tanjakan juga menyulitkan untuk mensuplai barang. Sehingga, pengiriman barang tidak bisa dilakukan sekaligus dalam jumlah banyak.

“Kita tidak bisa menggunakan truk besar kita siasati truk kecil lebih dari 3 sekali angkut,” tutupnya.

Diketahui, Kodim 0621 Kabupaten Bogor dan Pemkab Bogor memulai pembangunan jalan dalam program TMMD ke-115. Jalan yang dibangun ini membelah bukit dengan panjang 1,7 kilometer dan lebar 10 meter ditargetkan rampung dalam waktu sebulan.

Jalan ini akan menghubungkan Desa Bayuasih, Kecamatan Cigudeg dengan Desa Rabak, Kecamatan Rumpin, Kabupaten. Sehingga masyarakat dapat lebih mudah beraktivitas tanpa memutar jalur.

Selain membangun infrastruktur jalan, dalam TMMD ini juga akan dilaksanakan bakti sosial kepada masyarakat. Seperti bedah rumah, pengobatan gratis, renovasi masjid, pembuatan pos kamling dan lainnya.