MENGENANG SEJARAH SINGKAT MAMA( HIDRI) PENDIRI PONPES CIKENDAL GARUT & GEDEH DI CIANJUR

Laporan Jurnalis : Maman

Cianjur – Pos Berita Nasional ,Sejarah tahun wafat mama hidri sekitar 1965 dan lahirnya belum ada yang mengetahui. Terdahulu Mama Hidri lahir di Cioray Cikendal Garut lalu mendirikan pesantren Cikendal, dan pindah ke gedeh/ pasir taman Cianjur disini beliau  juga mendirikan pesantren,lalu pindah ke jambaras Cianjur juga sama mendirikan pesantren,dan lanjut pindah ke kandang sapi cianjur, beliau mengajar Qiroat di kandang sapi.

Diantara didikan Mama Hidri kepada 9 putra putrinya adalah kedisiplinannya misalnya ketika makan tidak boleh bersuara dan lain sebagainya. Mama Hidri itu Ahli Qur’an Ahli Qiroat. Beliau sangat mencintai Al Qur’an diantara bukti kecintaan beliau kepada Al Qur’an menurut penuturan Ua Yaya ketika ada anak didiknya yang menginjak tempat dimana al Qur’an biasa diletakan, beliau langsung membersihkan membersihkan tempat tersebut.

Hubungan Mama Hidri dengan Mama Kandang Sapi (KH Opo Mushtofa) adalah kakak ipar. Istri dari Mama Kandang Sapi adalah kakak tertua Mama Hidri. Mama Hidri mempunya 10 putra, diantaranya adalah KH Kholil Fadhili putra kedua, Ayahanda Pengasuh Pesantren Al Hasan Ciamis, begitupun kami Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis tersambung lewat sanad tersebut.

Dari putri Mama Hidri yang bernama Nini Iyam juga ada yang mempunyai pesantren yaitu Raudhatul Huda Kuningan. Kemudian masih dari Nini Iyam, pesantren Miftahul Huda 441 KH Ade Luqman. Banyak keturunan dari Mama Hidri yang mempunyai lembaga pendidikan dari mulai pesantren dan lainnya. Mama Hidri adalah Ahlul Qur’an semoga kita sebagai keturunannya bisa melanjutkan perjuangan beliau menjadi keluarga dan keturunan Al Qur’an.