Reformasi Birokrasi Pemda Mimika. “Lsm Kampak Papua”: Langkah Plt Bupati Adalah Amanah Negara

Laporan Redaksi

Mimika – Lsm kampak papua apresiasi langkah Bupati mimika John Rettob sapa panggilannya mengatakan ” tentang Reformasi birokrasi dalam sistem pemerintahan di kabupaten mimika.

Menurut sekejen Lsm kampak papua johan rumkorem,
Birokrasi di tanah papua harus di reformasikan, saya kasih contoh, yaitu di kabupaten mimika, dari tahun ke tahun masyarakat selalu mengeluh soal Pelayanan, Rekrutmen, bahkan promoso jabatan pun demikian, jadi apa yang dilakukan oleh Plt Bupati mimika sudah sangat jelas dengan UU 28 tahun 1999, saya kira itu langkah yang tepat, ungkap johan.

Johan mengatakan, ada beberapa pokok-pokok permasalah yang kami lihat, yaitu, Pertama, Perekrutan pegawai negeri sipil (PNS) yang masih kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN), lalu yang Kedua, promosi jabatan dan eselon masih mengenal sistem setoran uang kepada atasan, bahkan yang dekat dengan bupati pun demikian, apalagi dengan suatau institusi atau departemen terdekat, hal ini yang akan membuka lebar Korupsinya, jadi saya kira apa yang dilakukan oleh Plt bupati ini sudah sangat tepat.

Faktanya, di dunia pendidikan, Na sekarang Plt bupati membuka Benang kusut yang melilit dunia pendidikan Mimika perlahan mulai diurai. Salah satunya terjadinya diskriminasi dalam pengambilan kebijakan antara pendidikan negeri dan swasta yang menyebabkan ribuan anak didik yang bernaung dibawah sekolah swasta benar-benar dianaktirikan.

Selain itu menurut Johan , kata Plt bupati, masa dana yang dialokasikan hampir Rp 1 triliun, kenapa tidak bisa menjawab persoalan di mimika, pendidikan Mimika sangat amburadul, banyak sekolah yang rusak, kegiatan belajar mengajar mandek dan kondisi guru yang masih memprihatinkan, jadi saya kira beliau dalam hal ini Plt bupati john rettob sudah membuka tabir para mafia yang selama ini merusaki dunia pendidikan di mimika.

Khan lanjut mengutarakan Fakta-fakta selanjutnya kita bisa lihat dari penilaian Pelayanan Publik yang terjadi, menurut Ombusmen RI perwakilan papua, pemda mimika diberi raport merah soal pelayanan publiknya, na kalau sudah seperti begini mau salahkan siapa, makanya apa yang oleh John Rettob soal reformasi birokrasi pemda mimika sudah sangat tepat, jadi mari kita memberikan dukungan sepenuhnya kepada Plt bupati untuk membenahi sistem pemerintahan yang sarat malingnya, tegas johan.