JELANG ACARA PUNCAK G20 PRESIDEN AMERIKA SERIKAT JOE BIDEN TIBA DI BALI

Laporan Baim, Ar65

Denpasar – Presiden Amerika Serikat Joe Biden tiba di Bali pada Minggu (13/11/2022) malam sekitar pukul 21.45 WITA di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, untuk menghadiri acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Sebelum kedatangan Presiden Amerika Serikat tersebut, juga telah terlihat kedatangan tim pengamanan dari negara adikuasa tersebut, tidak kurang dari dua pesawat cargo berbadan lebar dan beberapa pesawat tempur milik US Air Force sudah terpakir di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali dan sejumlah kapal perang dari US Navy juga sudah mondar mandir di laut Bali.

Kedatangan Biden disambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno.

Presiden Joe Biden mendarat di Bali malam ini sekitar pukul 21.45 WITA menggunakan pesawat Air Force One, dan langsung disambut oleh Menteri Sandiaga Uno di tangga pesawat Air Force One.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden berdasarkan siaran langsung yang dipantau dalam akun Instagram G20 Indonesia, tampak Biden menuruni tangga pesawat seorang diri.

Kedatangan Biden disambut dengan pasukan jajar kehormatan dan penampilan puluhan penari Bali. Dan Joe Biden tampak senang dan tersenyum melihat sambutan para penari Bali tersebut.

Selanjutnya Joe Biden menaiki kendaraan jenis sedan limosin berwarna hitam yang telah disiapkan.

Sebelumnya sejumlah delegasi KTT G20 juga telah hadir di Bali di antaranya Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, Executive Chairman The World Economic Forum Klaus Schwab, Director General International Labour Organization Gilbert Houngbo, serta Chairman Islamic Development Bank Muhammad Al Jaser.

Dan pada Minggu malam juga telah tiba Presiden Joko Widodo di Bali, usai lawatan KTT ASEAN di Kamboja. Dalam keterangan persnya Jokowi menyampaikan dirinya menerima laporan bahwa 17 kepala negara mengonfirmasi akan menghadiri KTT G20 Indonesia di Bali.

“Persiapan KTT G20 saya sudah mendapat laporan semua sudah siap, 17 kepala negara hadir. Ini menggembirakan di masa yang sangat sulit sekarang ini, apalagi Presiden Joe biden dan Presiden Xi Jinping juga akan hadir,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menekankan Indonesia akan memperjuangkan perdamaian dunia dan menjadi bagian dari solusi perubahan iklim dan pemulihan ekonomi.