KADISKES LANTAMAL III : KESEHATAN PRAJURIT TNI AL MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB BERSAMA

Laporan Baim

Jakarta – Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (K) drg. Eko Priambodo memimpin upacara bendera yang diikuti seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lantamal III di Lapangan Apel Mako Lantamal III Jl. Gunung Sahari no. 2 Ancol Jakarta Utara, Senin (21/11/2022).

Upacara yang dilaksanakan secara rutin setiap hari Senin dan pengibaran bendera Merah Putih ini merupakan salah satu bentuk upaya dalam menumbuhkan kedisiplinan dan karakter bangsa kepada seluruh Prajurit dan PNS Mako Lantamal III terutama untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air.

Dalam sambutan Kadiskes mengatakan,” Penyiapan kesehatan prajurit TNI Angkatan Laut bukan pekerjaan yang mudah dan membutuhkan usaha yang keras serta kerja sama seluruh prajurit bahkan bekerjasama dengan masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan, menerapkan protokol kesehatan dan melaksanakan uji pemeriksaan kesehatan secara rutin dan berkala. Lantamal III dalam kesiapan tempurnya dibidang kesehatan, telah melaksanakan pembinaan-pembinaan kesehatan fungsi komando dimana tanggung jawab kesehatan seluruh prajurit itu ada pada diri sendiri, Pimpinan, Kasatker dan Kepala Bagian serta para Komandan di satuan organisasi masing-masing,” pungkasnya.

Kolonel Eko menambahkan, agar mampu dan peduli terhadap Kesehatan seluruh anggotanya dilaksanakan mekanisme pelaporan bagi siapa yang sedang sakit harus terlaporkan kepada dinas Kesehatan Lantamal III yang dilaporkan secara rutin melalui Kataud masing-masing yang nantinya akan dilaporkan ke pimpinan atas sebagai monitoring. Sehingga apabila ada yang sakit akan terdeteksi oleh dinas Kesehatan masing-masing Kotama maupun Instansi Kesehatan TNI AL untuk ditindaklanjuti. Hal itu sesuai dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo margono yaitu “Bangun sumber daya manusia yang unggul dan professional, serta tangguh menghadapi segala ancaman”. (Dispenlantamal3)