Pengibaran Bendera Merah Putih Di Dasar Laut Pantai Tulamben Bali

Laporan Baim

Denpasar – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke 77 Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar Bali bersama sejumlah penyelam mengelar upacara pengibaran bendera merah putih di dasar laut bertempat di Pantai Puri Madha Dive Resort, Tulamben, Kec. Kubu, Kab. Karangasem Bali, Rabu (17/08/2022).

Kegiatan penyelaman dan pengibaran bendera merah putih dibawah laut dalam rangka HUT RI ke 77 yang diinisiasi oleh TNI AL tersebut mendapatkan rekor Muri yang diberikan oleh Museum Rekor Dunia Indonesia kepada Wakasal.

Sejumlah penyelam yang berada di Tulamben, Karangasem Bali yang menyelam bersama Pangkalan TNI AL Denpasar tersebut disamping menggelar upacara pengibaran bendera di dasar laut juga untuk mengekspresikan kecintaan terhadap negeri ini dan sekaligus untuk memperkenalkan keindahan bawah Laut Tulamben Kabupaten Karangasem Bali.

Kegiatan upacara pengibaran bendera merah putih bawah laut di Pantai Puri Madha Dive Resort, Tulamben Kab. Karangasem tersebut dengan Inspektur Upacara Danlanal Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo, S.E., dan Komandan Upacara Mayor Laut (KH) M. Saleh Cahyadi Mohan, S.Sos.I. dengan mengambil tema “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”, dan kegiatan penyelaman yang diselenggarakan oleh TNI AL secara daring terpusat di Pulau Putri Kep. Seribu yang dilaksanakan secara serentak di 77 lokasi dipimpin oleh Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M.

Adapun para peserta upacara yang mengikuti penyelaman di Pantai Tulamben Bali, diantaranya dari Lanal Denpasar, Brimob Polda Bali, Polairud Polda Bali, Bea dan Cukai Denpasar, Saka Bahari Lanal Denpasar, Basarnas Denpasar, OPST (Organisasi Pemandu Selam Tulamben), Media TVRI, PADI (Under Water Videographer), POSSI Bali, IARMI Bali, P3B, Pokmaswas Karangasem dan Buleleng serta dari Indonesian Diver Community (IDC).

Turut hadir dalam acara pembukaan di pantai Tulamben Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kab. Karangasem I Nyoman Sugiarta, Kapolsek Kubu AKP I Nengah Suna, Dishub Karangasem Putu Aryana, Satbrimob Polda Bali AKP Dewa, Satpolair Polda Bali Ipda I Ketut G. Teyasa, Danramil 08/Kubu diwakili, Sekertaris Camat Kubu Putu Wirata, Kasatpol PP Karangasem I Made Sukiantara, IARMI Bali dan Menwa STAH Bali (Sekolah Tinggi Agama Hindu).

Dalam sambutannya Danlanal Denpasar mengatakan yang intinya Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dibawah laut dilaksanakan di 77 lokasi nusantara yang akan diikuti oleh 77 orang yang terdiri dari Intansi Polri, Basarnas, dan POSSI, Komunitas selam serta masyarakat.

“Bendera Merah Putih yang di bentangkan sepanjang 77 meter, yang nantinya akan mengelilingi bangkai kapal pusat liberty dengan susunan upacara membentuk formasi angka 77”. Ucapnya.

Lebih lanjut Danlanal menyampaikan Pengibaran bendera merah putih yang dilaksanakan oleh TNI AL tersebut merupakan sinergitas antar Instansi, komunitas penyelam, serta kelompok masyarakat penyelam.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh peserta penyelaman yang ikut berpartisipasi pada upacara pagi ini”. pungkasnya.

Sebelum pelaksanaan pengibaran bendera Merah Putih di dasar laut, dilaksanakan penyerahan cinderamata oleh Perwakilan TVRI kepada Danlanal Denpasar dan penyerahan Bendera Merah Putih oleh Danlanal Denpasar kepada Tim Pengibaran bendera Merah Putih untuk dikibarkan dibawah laut oleh peserta upacara yang akan melaksanakan penyelaman dan pengibaran bendera merah putih di bawah laut Tulamben dengan kedalaman kurang lebih 7 meter. (Pen Lanal Denpasar)