Akhirnya RSUDDH Pangkalpinang Raih Akreditasi Paripurna

Laporan Baim,Ir

Pangkalpinang – RSUD Depati Hamzah menjadi satu-satunya rumah sakit umum daerah di jajaran Provinsi Bangka Belitung yang mendapatkan predikat tertinggi akreditasi paripurna periode 2022 ini.

Direktur RSUD Depati Hamzah, dr Della Rianadita mengatakan persiapan akreditasi ini hanya dalam waktu yang singkat sekitar enam bulan namun prosesnya cukup berat. Semula RSUDDH belum mau melakukan akreditasi paripurna, namun menimbang untuk keselematan dan keamanan dalam pelayanan sehingga dirasa perlu lah melaksanakan proses akreditasi untuk diakui secara nasional, layanan RSUD Depati Hamzah layak dan baik.

Sekedar diketahui, RSUDDH telah mencapai akreditasi rumah sakit mulai dari dasar, madya dan utama. Dengan pencapaian tertinggi ini, Della dan jajaran tim RSUD Depati Hamzah mengaku bangga dengan predikat paripurna tersebut.

“Kami bangga dan kami bisa dengan percaya diri di era globalisasi bersaing dengan rumah sakit lain. Walau pun RSUD Depati Hamzah adalah asuhan pemerintah yang kadang dipandang sebelah mata, tapi kami mampu bersaing dalam tingkat yang tinggi lagi,” tutur dr Della, Rabu (14/12/2022).

Dia menuturkan, setelah mendapatkan akreditasi paripurna dan diakui layanan RSUDDH bersaing dengan rumah sakit lain dalam menjaga mutu dan keselamatan pasien dalam pelayanan, tentu yang paling berat adalah mempertahankan predikat tersebut. Mempertahankan dan menjaga predikat ini lah, menurut Della yang harus dilakukan.

Selain itu, pihaknya akan terus mengembangkan terobosan pelayanan unggulan untuk RSUDDH seperti layanan jantung, stroke dan bedah.

“Akreditasi itu kalau sehari-hari dijalani dengan sungguh-sungguh tentu tidak ada hambatan dalam prosesnya, karena akreditasi itu dinilai dari keseharian bagaimana tenaga medis dan tenaga kesehatan dalan melayani masyarakat,” lanjutnya.

dr Della berharap hasil akreditasi dapat membakar semangat tenaga medis dan tenaga kesehatan di RSUDDH terus lebih baik setiap hari melayani masyarakat.

“Harapan kami masyarakat dapat mempercayakan RSUD Depati Hamzah sebagai fasilitas kesehatan pilihan pertama,” ucap Della.

Dia juga berterima kasih kepada Wali Kota Pangkalpinang yang telah membantu dan mendukung tercapainya akreditasi ini. Juga kepada dokter spesialis yang telah mengorbankan waktu dan usahanya menjadi ketua Pokja di setiap Pokja-Pokja untuk dinilai akreditasi paripurna.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang ikut membantu melaksanakan sehingga berjalan sempurna,” pungkasnya.