TNI AL Bersama Tim Sar Bantu Evakuasi Wisatawan Terseret Ombak

Laporan Baim

Jakarta – Tim SAR gabungan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Malang berhasil mengevakuasi wisatawan remaja yang terseret ombak saat berwisata ke kawasan pantai Prigi Kecamatan Watulimo Trenggalek Jawa Timur, Minggu (01/01) kemarin. Tiga dari empat korban berhasil diselamatkan namun satu korban masih dalam proses pencarian.

Komandan Pos Pembinaan Potensi Maritim (Danposbinpotmar) Trenggalek Serka Sba Agus Muklason kepada Danlanal Malang Kolonel Laut (KH/W) Dewi Lestari mengungkap kronologi kejadian berawal saat keempat remaja yang berstatus sebagai siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 1 Kediri dan SMK 1 Kartanegara atas nama Faiz, Reno, Ridho dan Angga berwisata ke pantai Prigi. Mereka tiba di lokasi wisata pantai Progi sekitar pukul 08.30 WIB dengan menggunakan kendaraan roda dua berboncengan, selanjutnya mereka berenang di sekitar pantai Prigi.

Sekitar pukul 09.30 WIB pengunjung wisata mendengar teriakan meminta tolong karena keempat remaja tersebut terseret ombak selanjutnya petugas gabungan dari TNI AL, Polisi dan Basarnas melakukan pertolongan dan berhasil menemukan serta mengevakuasi 3 (tiga) orang anak dalam keadaan selamat dan oleh petugas gabungan di bawa ke Puskesmas Watulimo untuk di berikan perawatan lebih lanjut. Sementara 1 (satu) korban lainnya sampai saat ini masih dilakukan pencarian oleh petugas gabungan

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali telah memerintahkan jajarannya untuk merespons secepat mungkin terhadap situasi yang membutuhkan kehadiran TNI AL ditengah-tengah masyarakat yang membutuhkan pertolongan. “Harus dapat merespon dengan cepat, pun kalau harus menggerakkan unsur dalam hitungan jam unsur harus bergerak ke lokasi yang membutuhkan,” tegas Kasal dalam entry briefing dengan seluruh prajurit TNI AL di seluruh Indonesia.(Dispenal)