HUT Ke-72 Penerangan, Pendam XVIII/Kasuari Peringati Dengan Ziarah Dan Syukuran Bersama Insan Pers

Laporan Baim

Manokwari – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Penerangan TNI AD, Penerangan Kodam (Pendam) XVIII/Kasuari menggelar ziarah di Taman Makam Pahlawan Trikora yang kemudian dilanjutkan dengan acara syukuran yang digelar secara sederhana di kantor Pendam XVIII/Kasuari, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.

Dalam acara yang mengusung tema “Membangun Kepercayaan, Menguatkan Kemitraan”, selain personel dan Persit Pendam Kasuari, acara ini juga dihadiri oleh para awak media di wilayah Manokwari.

Kadispenad, Brigjen TNI Hamim Tohari, M.A., dalam amanatnya mengatakan bahwa peringatan Hut Penerangan ini, hendaknya memberi makna bagi semua guna memperkuat komitmen pengabdian sebagai insan penerangan.

“Berkaca dari dinamika lingkungan strategis dalam beberapa waktu ke belakang terlihat realitas yang tidak bisa dipungkiri bahwa penerangan memiliki peran yang semakin strategis dalam mempengaruhi terjadinya perubahan- perubahan besar dan penting, Peningkatan peran itu tentunya perlu diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, alat perlengkapan yang digunakan maupun penguatan tata kelola kelembagaan organisasi satuan penerangan,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, ia mengajak kepada seluruh insan penerangan untuk terus berkarya, gali potensi diri sehingga dapat menggelorakan semangat untuk berinovasi.

“Kompleksitas tantangan yang kita hadapi juga menyebabkan kita tidak dapat lagi bekerja sendiri melainkan harus menjalin kemitraan dengan seluruh insan media dan kehumasan. Sebagai organ TNI Angkatan Darat yang bertugas menyampaikan informasi kepada public, penerangan harus mampu membangun kepercayaan masyarakat kepada TNI AD melalui diseminasi informasi yang cepat dan akurat”.

Disamping itu ia menambahkan terkait dengan kemitraan dan sinergi dengan para insan media harus terus diperkuat, lakukan komunikasi dan kegiatan-kegiatan bersama dan program-program TNI AD harus terus diinformasikan kepada masyarakat melalui berbagai sarana atau media yang tersedia.

Sementara itu, salah satu awak media Andi Ismail (Tabura Pos) menyampaikan bahwa pada peringatan HUT ke 72 ini tentunya bukan lagi umur yang masih muda.

“Sudah banyak pencapaian yang sudah di laksanakan hingga saat ini dan sedikit yang ingin saya sampaikan bahwa kepada insan Penerangan yang ada saat ini agar inovasi-inovasi dalam bekerja dapat terus ditingkatkan, lakukan terus pelayanan-pelayan terhadap masyarakat yang mempunyai nilai positif”.

“Kita ketahui bersama bahwa tanpa Penerangan TNI AD lebih khusus lagi oleh Pendam XVIII/Kasuari saya merasa apa yang dikerjakan dan dilaksanakan oleh Kodam XVIII/Kasuari beserta jajaran memiliki andil dalam menyampaikan informasi terkait dengan pelaksanaan tugas di Kodam XVIII/Kasuari, saya berharap publikasinya dapat lebih massif lagi” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa saat ini hubungan Pendam XVIII/Kasuari dengan insan Pers yang ada diwilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya sudah cukup baik.

“Kami sebagai mitra kerja selalu menjalin komunikasi dengan Kepala Penerangan Kodam XVIII/Kasuari bahkan dengan personel Pendam lainnya. Kami juga mengapresiasi apa yang sudah dikerjakan selama ini. Kami juga berharap kedepannya hubungan yang sudah terjalin saat ini dapat terus berjalan dengan baik bahkan perlu ditingkatkan lagi. Saya percaya dengan adanya jiwa korsa, sifat kesatria dan sejumlah pengalaman yang dimiliki personel Pendam Kasuari saat ini serta dengan perjalanan kedepan dan tantangan tugas kedepannya tentunya dapat dilewati dengan baik,” harap Andi mewakili teman-teman Media.

(Pendam XVIII/Ksr)