Hadapi Unjuk Rasa Sat Samapta Polresta Pangkalpinang Latihan Dalmas Lanjutan

Laporan Baim

Pangkalpinang – Dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kemampuan menghadapi pengendalian massa, jajaran Satuan Samapta Polresta Pangkalpinang rutin melaksanakan latihan Dalmas Lanjutan. Senin (13/3).

Kegiatan latihan dalmas dipimpin langsung Kasat Samapta Polresta Pangkalpinang AKP Ferry Gunadi didampingi KBO Sat Samapta IPDA Suhaili, Kasubnit 1 Dalmas AIPTU Agung dan Kasubnit II Dalmas AIPTU Lukman Chakim.

Adapun materi yang diajarkan meliputi latihan yang diawali dengan drill Tongkat,Tameng,Sikap Pokok,dan Sikap Siaga.Kegiatan ini dilanjutkan dengan gerakan Dorong maju ,desak Maju dan sikap berlindung,” ungkap Kasat AKP Ferry.

Kapolresta Pangkalpinang KBP Gatot Yulianto, S.I.K M. HP melalui Kasat Samapta mengatakan, kegiatan pelatihan pengendalian massa (Dalmas ) rutin dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan anggota Sat Samapta Polresta Pangkalpinang dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalmas Lanjut dalam rangka melindungi,mengayomi dan melayani masyarakat.

Latihan dan materi dalmas yang diberikan ini bertujuan agar personil mampu dalam rangka penanganan yang tepat serta menghindari kesalahan prosedur di lapangan sekaligus untuk melatih fisik serta kesiapan personel dilapangan pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya,” Kata AKP Ferry.

Kasat juga menekankan kepada anggota Sat Samapta Polresta Pangkalpinang untuk serius dan penuh semangat dalam melaksanakan latihan dalmas, sehingga sewaktu waktu di butuhkan dilapangan personil Samapta mampu mengendalikan massa.

“Diharapkan dengan latihan dalmas secara rutin setiap anggota Samapta selalu siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Kemampuan Dalmas merupakan kemampuan utama bagi setiap anggota Sat Samapta dalam ikatan kelompok dan kesatuan,” tutup Ferry.