Timnas Indonesia Gagal Juara AFF U-23 Usai Kalah dari Vietnam Lewat Drama Adu Penalti

Laporan Redaksi

Jakarta – Timnas Indonesia U-23 gagal menjadi juara Piala AFF usai dikalahkan Vietnam pada laga final.

Bertanding di Stadion Rayong Provincial, Thailand, Sabtu 26 Agustus 2023, Indonesia kalah 5-6 setelah bermain imbang 0-0 selama 120 menit.

Tempo permainan di awal babak pertama terlihat cukup pelan. Kedua tim bermain sangat hati-hati untuk membongkar pertahanan lawan.

Kedua tim bermain lebih berhati-hati sampai 10 menit pertandingan awal berlangsung. Indonesia terlihat menjaga tempo permainan dengan operan-operan pendek.

Tak jauh berbeda Vietnam juga terlihat lebih menunggu dengan mencoba bermain lebih dalam memanfaatkan umpan panjang langsung ke depan. Wasit asal Jepang pun terpaksa mengeluarkan peringatan kartu kuning terhadap masing-masing pemain dari kedua tim, yakni Khuat Van Khang serta Beckham Putra dari Indonesia. Hingga turun minum, skor masih kacamata.

Memasuki menit ke-48, sundulan Muhammad Ferarri yang tanpa pengawal usai menerimpan umpan Arkhan Fikri dari sepakan penjuru hanya menyamping di kanan gawang lawan.

Tujuh menit berselang, Ramadhan Sananta mengambil tendangan, akan tetapi bisa dihalau Quan Van Chuan. Bola yang kurang lengket terlepas dari genggaman dan menghasilkan corner kick.

Pada menit ke-57, giliran Alfreanda Dewangga yang mengambil bola mati di kanan lapangan.

Quan Van Chuan masih sigap menbendung bola yang mengarah ke sudut kiri gawang.

Pada menit ke-66, Ernando Ari menepis sepakan Quan Van Chuan usai menyambut Dinh Xuan Tien yang terbebas di dalam kotak penalti.

Dua menit berselang, Vietnam kembali mengancam timnas U-23 Indonesia, kali ini tembakan mendatar Nguyen Ming Quang berada tipis di samping kiri gawang.

Pada menit ke-76, tendangan bebas Ramadhan Sananta diselamatkan mistar lawan. Hingga babak kedua berakhir, belum ada gol yang tercipta dan harus dilanjutkan ke extra time.

Pada menit ke-110, dua peluang didapat timnas U-23 Indonesia. Pertama, Ramadhan Sananta lolos dari pengawasan usai menyambut umpat Esal Sahrul, tinggal berhadapan dengan kiper lawan, tendangan pemain Persis itu masih bisa dihalau. Bola muntah pun mengarah ke Frengky Missa, akan tetapi sepakannya belum tepat sasaran.

Skor 0-0 bertahan hingga babak perpanjangan waktu usai, laga pun harus ditentukan lewat drama adu penalti.

Dalam adu penalti ini, lima pemain pertama timnas U-23 dan Vietnam menjalankan tugasnya dengan baik. Ernando yang tampil sebagai eksekutor keenam menemui kegagalan, karena sepakannya berhasil dipatahkan Quan Van Chuan. Sedangkan algojo terakhir Vietnam, Thai Ba Dat, sukses menjalankan tugasnya.

Atas hasil ini Indonesia menjadi runner up piala AFF U-23 sementara Vietnam menjadi kampiun kembali di turnamen ini.

Sementara di tempat ketiga ditempati Thailand yang menang atas Malaysia yang juga diakhiri dengan drama adu tendangan penalti.